Nuffnang Ads

Jumaat, 1 Mac 2013

Tip: Langkah mudah berhenti merokok


Anda berniat untuk berhenti merokok? Meski sulit dijalankan, keputusan Anda ini patut dipuji. Berhenti merokok, terutama jika Anda sudah melakukannya puluhan tahun, bukanlah hal yang mudah. Nah, untuk mendukung komitmen Anda, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk membantu Anda berhenti merokok.

Menyesap air dingin dan ngemil:
Menyesap (minum sedikit-sedikit, Red.) air dingin dapat mengganti tindakan mengisap rokok. Penelitian terbaru menunjukkan, minum air dingin melalui sedotan melepaskan dopamin, zat baik dalam otak yang dapat membantu meringankan suasana hati yang negatif. Ngemil juga bisa membantu Anda mengalihkan keinginan untuk merokok. Pilih camilan sehat untuk menghindari kemungkinan kenaikan berat badan.

Simpan daftar manfaat:
Menyimpan daftar tertulis dari manfaat berhenti merokok dapat mengendalikan keinginan untuk merokok.

Sikat (gosok)gigi lebih sering:
Sikat gigi Anda lebih sering agar mulut terasa selalu segar.

Hindari Alkohol:
Minum alkohol bisa berefek mengikis komitmen Anda berhenti merokok, sehingga dapat memicu Anda kembali merokok.

Cari zona anti-rokok:
Pergilah ke suatu tempat di mana tidak ada asap rokok untuk mengalihkan perhatian Anda dari rokok. Misalnya saja, nonton film, ke perpustakaan, atau toko.

Ingat Alasan:
Tuliskan semua alasan Anda berhenti merokok dalam daftar. Buatlah salinan dan tempelkan di tempat-tempat di mana Anda banyak menghabiskan waktu dan mudah terlihat. Apakah itu di dapur, kantor, atau di samping cermin kamar mandi. Tempatkan juga di samping daftar tersebut foto orang yang Anda dicintai.

Olahraga:

Ketika tubuh aktif, ia akan mengirimkan bahan kimia alami yang membantu mood dan mengurangi stres Anda. Berjalan merupakan salah satu latihan yang paling mudah dilakukan.

Isi Kalender:
Selama beberapa minggu pertama berhenti, pastikan hari Anda dipenuhi dengan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Buatlah rencana bersama keluarga atau teman-teman. Kegiatan ini bisa mengalihkan perhatian Anda dari rokok.

Terus isi mulut:
Keinginan untuk merokok bisa kembali jika mulut Anda kosong. Jadi, jika sedang bengong, usahakan menaruh sesuatu di mulut Anda, entah itu permen, permen karet rasa rokok, atau makanan sehat lainnya. Pilih jenis manisan yang bebas gula dan pastikan itu selalu ada di tas Anda.

Cari dukungan:
Cari dan mintalah dukungan dari seseorang. Pilihan terbaik adalah teman yang juga seorang mantan perokok. Tapi siapa pun mereka, paling tidak yang peduli dengan komitmen Anda.

Batasi Kafein:
Efek negatif kafein adalah dapat membuat beberapa orang merasa tegang, gelisah, dan stres. Efek ini bisa membuat seseorang melanggar komitmennya akan nikotin.

Jaga emosi:
Emosi negatif, seperti depresi, marah, dan frustrasi, bisa menjadi alasan umum orang kembali ke rokok. Temukan cara untuk mengalihkan perhatian Anda. Salah satunya adalah berkumpul dengan teman-teman atau melakukan sesuatu yang benar-benar Anda nikmati.

Hindari pengacau:
Jujur saja, pasti tidak semua orang mendukung keputusan Anda ini, kan. Mereka berupaya untuk merusak komitmen Anda. Hindari mereka segera. Jika tidak mungkin, duduk dan jelaskan kepada mereka, mengapa berhenti merokok begitu penting bagi Anda.

Tiada ulasan:

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1