Nuffnang Ads

Selasa, 25 Oktober 2011

Lagi khasiat Mengkudu !!



Buah mengkudu atau pace kurang disukai orang karena aromanya yang tidak enak dan rasanya sedikit pahit. Belakangan buah ini jadi andalan sebagai suplemen dan obat yang bisa menumpas beragam jenis penyakit.

Tanaman liar ini tumbuh hingga halaman rumah. Tinggi pohonnya bisa mencapai 3-8m. Daunnya tebal dan lebar, buahnya berbentuk lonjong, dan berwarna hijau kekuningan, serta bertotol-totol seperti ada matanya Kalau sudah tua berwarna kuning dan aromanya langu.

Mengkudu, pace atau noni (dalam bahasa Hawai) ini, memiliki sumber karbohidrat, tinggi vitamin A, vitamin C, zat besi dan niasin. Daging buahnya rendah lemak dan tinggi protein. Nutrisi inilah yang sangat diperlukan tubuh untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.

Dengan begitu tak ada alasan menolak buah ini. Berikut ini sejumlah manfaat mengkudu yang baik buat tubuh:

Daya tahan tubuh
Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Kesemua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan
Penelitian menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.

Anti inflamasi
Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Analgesik
Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. Konon, sejak dulu banyak orang yang menggunakan daun buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.

Melawan kuman
Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.

Anti kanser
Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Mengendalikan tekanan darah
Makan buah mengkudu dalam bentuk jus, buah segar atau suplemen sangat dianjurkan, karena kandungan nutrisinya bisa mencegah terkena hipertensi. Tekanan darah menjadi lebih stabil.

1 ulasan:

ezzu berkata...

xpernah jumpa pun buah nie...hehehe

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1