Nuffnang Ads

Khamis, 21 Februari 2013

Potong Bawang Tanpa Berderai Air Mata


Aroma bawang yang tajam akan mengiritasi mata dan membuat kita menangis, ketika kita mengupasnya. Supaya tidak cengeng di hadapan bawang, coba tip berikut:

* Bekukan
Simpan bawang di dalam freezer terlebih dulu, sekitar 10 menit. Kemudian rendam bawang-bawang ini di dalam air biasa, sebelum kita mengupasnya.

* Gunakan pisau tajam
Gunakan pisau yang tajam untuk mengiris bawang, sehingga bawang akan terpotong dengan cepat dan sempurna. Pisau tumpul akan membuat aroma bawang lebih banyak yang menguar dan mengiritasi mata kita.

* Nyalakan lilin
Pastikan ruangan dapur Anda memiliki ventilasi yang baik. Menyalakan lilin sebelum memotong bawang juga akan membantu mengurangi iritasi. Panas yang dikeluarkan nyala lilin akan menarik aroma bawang yang keluar, sehingga tidak mengganggu Anda lagi.

* Pakai kacamata (google)
Memang bakal kelihatan aneh bila Anda mengenakan kacamata renang saat mengupas bawang. Tapi, daripada airmata terus bercucuran, lebih baik membuat orang lain terheran-heran atau malah terpingkal-pingkal. Tertawa itu `kan menyehatkan!

* Buang bagian akarnya
Potong akar bawang, karena di situlah terkandung sulfida yang paling tinggi. Jika zat ini sudah disingkirkan, mata pun terhindar dari iritasi. Aman...!!!

Tiada ulasan:

Tajaan

Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1