Nuffnang Ads

Khamis, 7 Februari 2013

Kalau Mau Sepatu Anda Tahan Lama, Begini Perawatannya



Aktivitas sehari-hari serta perawatan yang kurang diperhatikan bisa membuat sepatu Anda rusak sebelum waktunya.

Padahal jika dirawat dengan tepat, kerusakan ini bisa diminimalisasi atau dicegah. Berikut saran beberapa ahli sepatu untuk merawat sepatu dan membuatnya lebih tahan lama.

1. Sol kembali

Banyak berjalan atau berlari bisa membuat sol sepatu cepat lapuk dan rusak. Untuk mengatasinya, Anda harus memasang sol yang baru untuk sepatu Anda agar jahitannya lebih kuat. Jangan pernah berpikir bahwa sepatu Anda yang mahal pasti kuat dan tak perlu disol lagi.

"Sebaiknya jahit kembali sepatu di tukang sol. Selain menguatkan jahitan, Anda bisa memintanya untuk menambahkan lapisan karet tipis untuk menjaga sepatu agar tak licin," ungkap Jim McFarland, pemilik McFarland Shoe Repair di Florida. Ia menambahkan bahwa cara ini bisa membantu memperpanjang umur sepatu antara 6-7 tahun.

2. Ganti lapisan tumit

Lapisan tumit sepatu adalah lapisan yang paling cepat rusak. Beban tubuh biasanya tertumpu pada bagian ini, dan menyebabkan lapisan sepatunya jadi aus.

Agar lebih awet, ada baiknya untuk mengganti lapisan dalam sepatu yang biasanya terbuat dari plastik dengan lapisan karet keras. "Dibandingkan lapisan plastik, lapisan karet bisa bertahan 10 kali lebih lama," ungkap McFarland.

3. Hindari hujan

Sulit menghindari sepatu basah di hari hujan. Sepatu yang basah akan merusak bahan kulit dan suede jika tak langsung dibersihkan. Gunakan semprotan pelindung air agar air hujan tak bisa menembus sepatu.

Jika sepatu terlanjur basah, jemur sepatu di tempat yang hangat dan tak terkena matahari langsung. Biarkan sepatu kering pada suhu kamar. Hindari juga menggunakan pengering rambut karena bisa membuat sepatu Anda menyusut dan rusak.

4. Bersihkan noda

Jangan tunda-tunda waktu untuk membersihkan noda yang menempel pada sepatu Anda. Namun, McFarland mengungkapkan bahwa beda material pembuat sepatu maka beda pula cara penanganannya.

Jika sepatu terkena noda, segera lap agar tak meninggalkan bekas. Gosok perlahan dengan sarung tangan yang lembut secepat mungkin. Sedangkan untuk sepatu berbahan kulit, hilangkan noda dengan kain lembab kemudian kering anginkan.

5. Gunakan semir sepatu

Ketika sepatu terlihat usang dan kusam, ada baiknya sesekali memolesnya. Namun, pilih bahan pemoles sepatu tergantung material pembuat sepatunya. Untuk sepatu kulit yang sudah tua, coba gunakan semir sepatu yang mengandung minyak. Lapisan minyak untuk membuat sepatu kulit ini lembut dan lentur.

"Gunakan polish cream, dan hindari penggunaan semir sepatu yang mengandung lilin karena bisa membuat sepatu jadi kering," jelas Joe Rocco, pemilik Jim Shoe Repair di New York.

6. Simpan di lemari

Suhu udara yang terlalu panas akan membuat sepatu mudah berkerut dan kering, sedangkan suhu yang dingin akan membuat sepatu mudah berjamur. Agar sepatu tetap awet, sebaiknya letakkan sepatu dalam lemari yang bersuhu kamar.

Jika sepatu masih basah, jangan pernah masukkan sepatu ke dalam lemari atau kardus. Ini bisa membuat sepatu berjamur dan bau. Rak sepatu juga bisa jadi pilihan tepat untuk menyimpan sepatu.

7. Gunakan bergantian

Hindari mengenakan sepatu yang sama berturut-turut. Anda mungkin tergoda untuk menggunakan sepatu baru Anda yang cantik setiap hari, namun, sepatu butuh libur juga. McFarland mengungkapkan, sepatu juga perlu "bernafas".

Cobalah untuk tidak menggunakan sepatu yang sama lebih dari dua minggu berturut-turut. Sepatu akan bertahan lebih lama jika mereka punya waktu istirahat untuk memulihkan bentuknya.

8. Gunakan bantuan shoe horn

Ketika sulit memakai sepatu di bagian tumit apa yang Anda lakukan? Menginjaknya? Hmm... sebaiknya jangan lakukan lagi. Hindari memaksakan tumit Anda masuk ke dalam sepatu, karena akan membuat daerah tumit sepatu jadi rusak atau terlipat.

Gunakan shoe horn atau sendok sepatu untuk menyelamatkan tumit sepatu Anda agar tak cepat rusak. Jika tak memiliki sendok sepatu, Anda bisa menggunakan sebuah besi tipis, penggaris, ataupun sendok makan yang panjang.

9. Bungkus dalam kantong

Cara terbaik untuk melindungi sepatu dari debu dan kotoran di lemari adalah dengan menyimpannya dalam kantong katun. Bahan ini akan memungkinkan sepatu "bernafas" dan tidak lembab

Tiada ulasan:

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1