Nuffnang Ads

Jumaat, 10 Ogos 2012

Konsumsi Buah Kiwi Saat Sahur Perut Jadi Lambat Lapar

BANYAK manfaat yang diperoleh ketika mengonsumsi buah-buahan saat sahur. Tubuh lebih bisa tahan untuk tidak lapar meski  perut tidak diisi selama 14 jam.  Serat dalam  buah  akan  mampu membantu menjaga tingkat kadar  glukosa di dalam darah lebih stabil.

Mengonsumsi buah jauh lebih baik ketimbang meminum kopi atau teh dan minuman manis lainnya. Kadar gula dalam minuman manis justru membuat kadar glukosa naik dan perut pun cepat lapar. 
  
"Saat sahur, konsumsilah makanan lengkap seperti  nasi, sayur. Ganti minuman manis bergula dengan konsumsi buah. Konsumsi minuman manis justru akan membuat kadar glukosa darah naik yang akan  membuat perut  cepat lapar, badan mudah lemas dan  mengantuk," papar ahli gizi dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Fiastuti Witjaksono Sp.GK dalam talkshow Dengan Buah Kiwi Zespri, Pencernaan Sehat Saat Puasa dan Siap Sambut Lebaran di Jakarta, Kamis (2/8/2012).

Lantas, buah apa yang cocok untuk melengkapi santap sahur? Buah kiwi menjadi salah satu pilihan. Kandungan  vitamin C akan  bisa mencegah tubuh terserang penyakit sekaligus memperkuat tulang dan gigi. Kandungan vitamin C yang dikandung 100 gram kiwi sekitar 92,7mg. Kiwi juga merupakan sumber vitamin E yang kaya, bahkan dua kali lebih banyak dari apel. Kiwi hijau yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serat, prebiotik serta enzim  actinidin.
  
"Kiwi adalah buah yang tinggi akan serat, baik serat larut dan serat tak larut. Kandungan protein yang diserap dengan baik akan menjadi zat pembangun, menganti sel yang rusak dan membantu metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Larutan serat yang tinggi penting menjaga penyerapan karbohidrat dan lemak," paparnya.
  
Kandungan indeks glikemik dalam kiwi juga rendah sehingga membantu metabolisme tubuh dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan cocok untuk penderita diabetes. Kandungan serat larut tinggi akan menjaga penyerapan karbohidrat dan lemak sementara serat larut tidak tinggi akan menjaga bakteri baik yang memberi makan sel khusus.
  
Saat lebaran sebagian makanan yang kita konsumsi berlemak, dengan santan dan daging, konsumsi buah kiwi  dapat menetralisir beban berat di pencernaan. Konsumsi dua buah kiwi tiap hari  membantu organ pencernaan, membuat buang air lancar dan bekerja dengan baik.
  
"Kiwi salah satu buah yang kandungan seratnya paling tinggi. Ada vitamin C sebayak 90 mg, jeruk dengan berat yang sama sekitar 53-55 miligram atau hampir dua kali lipat. Kandungan indeks glisemik rendah sehingga membuat  kadar darah tidak mudah naik,"  katanya.

1 ulasan:

Pn Kartini berkata...

Assalamualaikum:)
tksh utk perkongsian info..
menarik!
:)

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1