Nuffnang Ads

Ahad, 26 Ogos 2012

4 Makanan Penyebab Perut Kembung

Kacang Polong
Tidak nikmat rasanya jika acara makan-makan, yang seharusnya menyenangkan, berakhir dengan perut kembung. Selain mengganggu penampilan, juga dapat menimbulkan rasa tidak nyaman karena bagian perut jadi terasa 'berat'.

Menurut ahli gizi Keri Glassman, selain karena proses makan yang terlalu cepat atau konsumsi minuman berkarbonasi, perut kembung bisa juga disebabkan beberapa jenis makanan. Masalah terjadi saat Anda mengenakan balutan pakaian ketat, ataupun menghadiri acara penting, hindari makanan ini untuk melindungi perut.

Sayuran:
Dilansir Women's Health, sayur-sayuran seperti brokoli, asparagus, dan brussel sprout, banyak mengandung rafinosa. Yakni zat pembentuk rasa manis yang juga mampu menghasilakan gas berlebih saat dicerna.

Produk susu:
Susu dan berbagai olahannya seperti es krim dan keju mengandung laktosa. Sementara, tubuh kurang memiliki enzim yang cukup untuk mencernanya.

Permen karet:
Sebagian besar permen karet yang mengklaim 'bebas gula' biasanya mengandung pemanis buatan, yang sulit diurai usus. Akibatnya, tubuh pun memproduksi gas berlebih sehingga dapat membuat perut kembung.

Kacang polong:
Serat larut yang terkandung dalam makanan ini tidak benar-benar langsung larut. Bahkan saat proses pencernaan selesai, hingga dapat dapat memproduksi gas berlebih.

Lalu, apa lagi yang bisa dilakukan supaya acara makan tidak berujung pada perut kembung? "Konsumsi makanan dengan prebiotik, seperti pepaya dan nanas yang mengandung enzim papain dan bromelain. Kedua zat ini sangat baik untuk pencernaan. Kunyah makanan secara perlahan, dan berjalanlah setelah makan," Glassman menyarankan.

Tiada ulasan:

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1