Nuffnang Ads

Sabtu, 5 April 2014

Vegetarian atau Pemakan Daging, Mana Lebih Sehat?

Menjadi vegetarian kerap jadi pilihan saat ingin berdiet cara sehat. Selain dapat menurunkan berat badan, menjadi vegetarian dianggap jauh lebih bermanfaat ketimbang menyantap daging.

Benarkah demikian? Penelitian terbaru justru mengungkap sebaliknya.

Para peneliti dari Medical University of Graz, Austria, mengatakan, vegetarian justru memiliki kualitas hidup dan kesehatan yang lebih rendah dibanding mereka yang makan daging.

Salah satu buktinya, vegetarian lebih sering mengunjungi dokter dengan berbagai masalah kesehatan. Mereka juga lebih rentan alergi, kanker, dan kesehatan mental dibanding pemakan daging.

Laporan dari CBS Atlanta menunjukkan, mereka yang tidak memakan daging sama sekali, dua kali lebih berisiko alergi. Mereka pun 50 persen berisiko lebih tinggi terkena serangan jantung dan kanker.

Tidak hanya itu, mereka juga secara signifikan lebih mungkin mengalami depresi dan kecemasan.

Namun di sisi lain, peneliti masih menyebutkan adanya poin sehat dari menjadi vegetarian. Beberapa di antaranya: lebih aktif, lebih sedikit mengkonsumsi alkohol, cenderung menghindari rokok, dan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah.

Secara status sosial, para vegetarian juga biasanya lebih tinggi daripada pemakan daging.

Hasil dari penelitian itu jelas bertentangan dengan penelitian sebelumnya. Seperti anggapan kebanyakan, daging merah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker usus.

“Penelitian kami menunjukkan, orang dewasa di Austria yang melakukan diet vegetarian justru banyak mengalami masalah kesehatan. Mereka juga memiliki kualitas hidup rendah dan membutuhkan perawatan medis,” ujar para peneliti, dilansir Daily Mail.

Sayang, belum ada penjelasan ilmiah mengapa penelitian itu bertolak belakang dari sebelumnya. Peneliti masih membutuhkan studi lebih dalam jika ingin mengungkap itu.

Tiada ulasan:

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1