Nuffnang Ads

Khamis, 3 Oktober 2013

Kunyit, Herbal Ampuh Sembuhkan Depresi


Saat mengalami depresi, seseorang biasanya akan melakukan berbagai pengobatan. Mulai dari melakukan konseling, mengkonsumsi obat anti depresan, hingga akupuntur.

Tapi sebenarnya, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kunyit.

Seperti dilansir, Prevention, kunyit dianggap dapat mengatasi depresi dengan cepat karena mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti depresan.

Hal ini disampaikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ajay Goel, PhD, Direktur Epigenetik dan Pencegahan Kanker di Baylor University Medical Center. Menurut Dr Goel, kurkumin yang terkandung dalam kunyit sebenarnya sudah bertahun-tahun dijadikan sebagai obat alternatif anti depresan saat seseorang tidak takut akan efek samping yang didapatkan dari obat-obatan kimia.

Namun, baru kali ini peneliti menemukan senyawa yang menjanjikan dan dapat bekerja dengan baik untuk manusia.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, menyatakan bahwa dengan dosis harian 1000 mg, kurkumin dinilai 2-5 persen lebih aktif mengatasi depresi daripada obat kimia.

Kurkumin dianggap menjadi inhibitor alami atau penghambat monoamine oxidase yang menjadi biang keladi penyebab depresi. Kurkumin juga dinilai mampu menghambat pelepasan sitokinin yang menyebabkan stres.

"Untuk mencegah depresi, Anda bisa membuat rempah ini menjadi bagian dalam masakan dan makanan Anda sehari-hari," jelasnya.

Selain dapat mengatasi depresi, kurkumin juga dianggap sebagai obat alami untuk meningkatkan napsu makan.

1 ulasan:

Rian Ra-kun berkata...

wah ternyata selain sebagai penambah nafsu makan, kunyit juga bisa mencegah depresi. Subhanallah :)

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1