Nuffnang Ads

Isnin, 16 Mei 2011

Srikaya Hilangkan Kutu Rambut



Srikaya merupakan tanaman yang tergolong genus Annona dan berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih.

Srikaya menyimpan sejuta khasiat kesehatan. Buah yang juga disebut sebagai custard apel atau sugar apple oleh pelaut Inggris ini, juga bermanfaat untuk kecantikan. Srikaya mengandung antioksidan, seperti vitamin C yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kalium tinggi dan magnesium yang terkandung dalam buah ini juga bisa melindungi Anda dari serangan penyakit jantung.

Jika ingin mempercantik kulit secara alami, konsumsilah srikaya secara rutin. Buah ini mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kulit, kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi mata. Srikaya juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah dan membantu menormalkan fungsi pencernaan, menyembuhkan sembelit, dan mengobati diare serta disentri.

Buah ini juga bermanfaat untuk orang yang menderita anemia karena buah ini tinggi kalori. Dan jika Anda ingin menambah berat badan, tak ada salahnya mengonsumsi srikaya secara rutin. Srikaya terkenal dengan kandungan gula alami.

Contoh Pemakaian:

1. Mematikan kutu kepala:

Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala dan bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.

2. Borok, bisul keras:

Cuci daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau bisul dan balut. Dalam sehari, ganti 2-3 kali.

3. Mematangkan bisul:

Ambil isi buah yang sudah masak, lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.

4. Cacingan pada anak:

Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

5. Gangguan pencernaan:

Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.

6. Diare:(ciret biret)

Cuci kulit batang srikaya (6-10 g), potong kecil-kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masingmasing satu gelas.
7. Kudis:

Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

2 ulasan:

Bersama Dakwah Islam berkata...

ternyata buah srikaya banyak manfaat untuk pengobatan ya, aku sudah lama ga makan buah tersebut, kapan-kapan insya'allah saya mau mencobanya lagi, terimakasih sahabat infonya bermanfaat khususnya buah-buahan untuk kesehatan.

k.h.a.l.i.l.a berkata...

salam ibu ^_^. terima kasih sudi dtg blog sy.
Emm... ni buah nona kan? baru tau buah nona ade name lain. hehe

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1