Nuffnang Ads

Khamis, 1 Oktober 2009

Khasiat Sayuran Kubis

Anda pasti kenal dengan sayuran yang bernama kubis atau kol, secara pribadi sangat menyukai sayuran ini terutama sebagai lalapan, sayuran ini juga biasa anda gunakan untuk campuran dalam sayur sayuran.

Mungkin banyak yang belum tahu manfaat dan kandungan dari sayurannya, kubis segar mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, vitamin (A,C,E, tiamin, riboflavin, nicotinamide), kalsium dan beta karoten.

Senyawa aktif yang ditemukan pada kubis ini antara lain anthocyanin, sianohidroksibutena, sulforan dan iberin. Adanya zat anthocyanin membuat warna kubis berubah menjadi merah.

Berikut adalah manfaat yang diperoleh dari sayuran kubis :

1. Mencegah sariawan, tingginya kandungan vitamin C dalam kubis dapat mencegah timbulnya sariawan, jadi bagi anda yang merasa ada gejala sariawan, mengatasinya dengan banyak mengkonsumsi kubis dalam bentuk lalapan.

2. Melawan kanker, kandungan zat aktif dari kubis yaitu sulforafan dan histidine dapat menghambat pertumbuhan tumor, mencegah kanker kolon dan rektum, detoksikasi senyawa kimia berbahaya, seperti kobalt, nikel, dan tembaga yang berlebihan dalam tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan kanker.

3. Membantu ibu menyusui, kubis dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat bengkak ketika menyusui.

4. Menurunkan kadar kolesterol, kandungan asam amino dalam sulfurnya juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, caranya pilih kubis yang baik kemudian cuci ¼ bahagian kubis segar berukuran sedang sampai bersih, bilas dengan air lalu potong potong seperlunya, jus kubis tersebut lalu minum sarinya sekaligus, lakukan secara rutin.

5. Mengurangi bengkak, kubis juga dapat digunakan untuk mengurangi bengkak pada tubuh, caranya dengan mengkompres bahagian tubuh yang sakit , bengkak atau nyeri sendi dengan daun kubis yang telah dibersihkan.

Meskipun banyak manfaat kesehatan, beberapa hal perlu anda waspada pada saat mengkonsumsi kubis, yaitu :

- kubis mengandung senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam perut sehingga menimbulkan rasa kembung.

- Daun kubis juga mengandung kelompok glukosinolat yang menyebabkan rasa agak pahit

- Jika jus kubis dikonsumsi terus menerus, dapat mengurangi jumlah yodium dalam tubuh, akibatnya kelenjar gondok (tiroid) kekurangan yodium, untuk mencegahnya perbanyak mengkonsumsi makanan sumber yodium seperti rumput laut dan lain-lain.





4 ulasan:

♥♥ eija ♥♥ berkata...

nak tanya sariawan tu ape ibukesuma ?

Ibu.kesuma berkata...

Terima kasih cik Eja..
Maksud sakit SARIAWAN itu pecah2 dalam bahagian mulut termasuk luka pada lidah, bengkak gusi dsbnya..

infogue berkata...

Hai, salam kenal, artikel anda ada di

sini

ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^

Ibu.kesuma berkata...

Terima kasih INFOGUE mudahan hubungan kita terus terjalin dan mesra..amin

salam hormat dari Ibu Kesuma

Tajaan

Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1