Nuffnang Ads

Selasa, 15 Julai 2014

Ketahui Efek Buruk Kurang Tidur




Masalah kurang tidur sering menjadi keluhan banyak orang. Terutama, mereka para pekerja kantoran. Kurangnya waktu istirahat di malam hari, seringkali berdampak menurunkan produktivitas seseorang di tempat kerja. Bahkan, bisa juga menempatkan kehidupan seseorang dalam bahaya.

Begadang, membiarkan mata terjaga di malam hari tidak seharusnya dilakukan sepanjang malam. Dokter ahli bahkan mengatakan, jika Anda secara teratur tidur kurang dari tujuh jam, bahaya di tempat kerja bisa ikut mengintai.

Tidak sulit sesungguhnya mengetahui bahwa tubuh butuh waktu istirahat. Jika Anda menemukan tanda-tanda tubuh sering merasa lelah, sulit berkonsentrasi dan lamban dalam mengerjakan sesuatu, bisa jadi Anda memang butuh menambah waktu jam tidur.

Seperti diberitakan Arab News, demi meningkatkan kewaspadaan, Anda pun perlu tahu lebih jauh, efek buruk kurang tidur untuk kesehatan:

Konsentrasi menurun:

Bila Anda tidak memiliki cukup waktu tidur, salah satu gejala pertama yang harus diperhatikan adalah kesulitan untuk fokus. Pikiran Anda pun serasa sering melayang. Dan yang lebih fatal lagi, kurang tidur, juga bisa membuat seseorang sulit mengambil keputusan.

Membahayakan nyawa:

Ini bisa menjadi masalah serius dalam beberapa pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi penuh. Apalagi jika Anda bekerja dengan mengemudikan kendaraan tanpa sopir. Tentu bukan hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga bisa menjadi petaka untuk orang lain.

Ingatan lemah:

Kemampuan Anda untuk belajar dan menyimpan informasi baru sudah pasti akan terganggu jika tubuh kurang istirahat. Untuk itu, butuh waktu istirahat yang cukup, jika tak mau lambat laun Anda menjadi orang yang mudah pikun.

Mudah emosi:

Pernah mendengar bos sering marah-marah? Bisa jadi bahwa dia tidak cukup tidur. Jika Anda tidak mendapatkan dosis dari tidur malam yang baik, Anda pun  akan bangun di pagi hari dalam suasana hati yang buruk. Ini persis sama dengan anak-anak jika mereka tidak mendapatkan tidur siang. Anak-anak yang tidak pernah tidur siang, mereka menjadi mudah marah dan cengeng.

Tiada ulasan:

Tajaan

Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1