Nuffnang Ads

Sabtu, 8 September 2012

Enam Langkah Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Tidak ingin sakit gigi? Jaga kesehatan gigi dan mulut mulai sekarang.

Menjaga gigi tetap sehat dan kuat itu mudah dan murah, cukup siapkan sikat dan pasta gigi. Dibandingkan jika kita terlanjur sakit gigi akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

"Salah satu faktor eksternal gigi berlubang adalah makan makanan manis. Jika anak makan permen di sekolah, setelah itu kumur, dan sampai rumah baru sikat gigi. Kalau tidak, makanan itu menyebabkan plak atau karang gigi. Ada kuman yang mengeluarkan asam, dan melarutkan email," terang Eky.

Berikut ini tips menjaga gigi dan mulut tetap sehat:

1. Gosok gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Terutama setelah makan dan sebelum tidur.

2. Kumur dengan obat kumur yang dapat membantu mencegah plak dan karang gigi, minimal seminggu sekali.

3. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi. Dan, pilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut.

"Mencegah gigi berlubang dengan menyikat gigi dan alat yang baik dan benar," ujar drg. Eky S. Soeria Soemantri, Sp.Ort(K).

4. Hati-hati dalam menggunakan pemutih gigi, karena jika penggunaannya tidak benar, dan pemutih mengandung bahan berbahaya akan mengikis email gigi.

5. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, karena sisanya akan melekat pada gigi. Misal: permen, makanan bertepung, susu, kopi, teh. Batasi pula konsumsi anggur merah dan berhenti merokok.

6. Lakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali secara rutin.

1 ulasan:

Triando (Rian) berkata...

gosok gigi sudah pasti harus teratur, kalau perlu sekalian pakai obat kumur :D

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1