Nuffnang Ads

Ahad, 26 Jun 2011

Khasiat Limau Nipis dan kegunaannya





JERUK nipis (citrus aurantifolia) merupakan salah satu jenis jeruk yang termasuk jenis tumbuhan perdu yang banyak memiliki dahan dan ranting. Batang pohonnya berkayu ulet dan keras. Sedang permukaan kulit luarnya berwarna tua dan kusam.

Tanaman jeruk nipis pada umur dua setengah tahun sudah mulai berbuah. Bunganya berukuran kecil-kecil berwarna putih dan buahnya berbentuk bulat sebesar bola pingpong, kulit luarnya berwarna hijau atau kekuning-kuningan. Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Tanaman jeruk umumnya menyukai tempat-tempat yang dapat memperoleh sinar matahari langsung.

Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bermanfaat . Misalnya, limonene, linalin asetat, fellandren dan sitral. Di samping itu jeruk nipis mengandung asam sitrat. 100 gram buah jeruk nipis mengandung vitamin C sebesar 27 miligram, kalsium 40 miligram, fosfor 22miligram, hidrat arang 12,4 gram, vitamin B1 0,04 miligram, zat besi 0,6 miligram, lemak 0,1 gram, kalori 37 gram, protein 0,8 gram dan mengandung air 86 gram. Berikut beberapa ramuan jeruk nipis untuk mengatasi beberapa penyakit.

Amadel: siapkan satu buah jeruk nipis, satu setengah rimpang kunyit sebesar ibu jari dan dua sendok makan madu. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas diambil airnya, kemudian dioplos dengan madu dan ditambih setengah gelas air, diaduk sampai merata dan disaring. Diminum dua hari sekali secara teratur.

Malaria: siapkan satu buah jeruk nipis, satu sendok makan kecap dan garam secukupnya. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya dan disaring. Diminum tiap pagi menjelang sarapan.

Ambeien: beberapa potong akar jeruk nipis direbus dengan satu setengah air sampai mendidih hingga tinggal satu liter, kemudian disaring. Diminum setiap sore secara teratur.

Sesak nafas: siapkan satu buah jeruk nipis, dua siung bawang merah, satu butir telur ayam kampung, satu sendok teh kopi bubuk, dan satu potong gula batu. Cara meramunya, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut, kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata dan disaring. Diminum setelah makan pagi secara teratur.

Batuk: siapkan satu buah jeruk nipis, satu setengah sendok makan kecap, dan garam secukupnya. Jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan lainnya, diaduk sampai merata dan disaring. Diminum satu kali sehari.

Influenza: siapkan satu buah jeruk nipis, setengah sendok minyak kayu putih, dan kapur sirih secukupnya. Jeruk nipis dipanggang sejenak dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diaduk sampai merata, lalu disaring. Diminum satu kali sehari secara teratur.

Sakit panas: sediakan satu buah jeruk nipis, setengah sendok minyak kelapa, satu sendok minyak kayu putih, tiga siung bawang merah yang dihaluskan. Cara meramunya, jeruk nipis diperas diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata. Dipakai sebagai kompres dan obat gosok untuk dada dan punggung.

Menghilangkan bau badan: siapkan satu buah jeruk nipis dan lima lembar daun sirih. Kedua bahan tersebut direbus dengan satu ceret air sampai mendidih, kemudian dicampur air dingin secukupnya. Dipakai untuk mandi.

Mengatasi keriput pada wajah: siapkan satu buah jeruk nipis, satu sendok minyak kayu putih, dan seperempat sendok kapur sirih. Cara meramunya, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan lainnya sampai merata. Dipakai untuk bedak pada wajah setiap malam sebelum tidur.

Tiada ulasan:

Tajaan

Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1