Nuffnang Ads

Ahad, 4 Mei 2014

7 Cara Tidur Nyenyak untuk Wanita Hamil

Hamil memang membahagiakan. Namun, perubahan yang terjadi pada tubuh juga merepotkan. Wanita mengalami morning sickness, masalah pencernaan, perubahan hormon, sampai susah tidur karena perut besar.

Menemukan posisi berbaring tidak mudah. Tidak nyaman jika semalaman bertahan di posisi yang sama. Padahal, wanita hamil butuh istirahat cukup. Mengutip Boldsky, berikut cara tidur nyaman bagi wanita hamil.

Tenangkan janin:
Sebelum tidur, tenangkan dulu janin di dalam perut. Caranya mudah, sediakan lingkungan yang tenang atau usap-usap lembut perut yang membuncit. Itu membuat janin lebih santai dan nyaman.

Buang air:
Kondisi hamil membuat wanita sering ke toilet untuk buang air kecil. Sebelum tidur, pastikan kandung kemih kosong sehingga tidak harus bolak balik ke kamar kecil di tengah istirahat.

Waktu rutin:Sebaiknya rutinkan waktu tidur saat hamil. Dengan begitu, tubuh akan terbiasa punya jam biologis khusus. Jika sudah waktunya, tubuh akan memberi sinyal untuk beristirahat dan tidur lebih nyenyak.

Tenangkan kamar:
Bukan hanya tenang dari kesibukan, kebisingan, dan aktivitas lain. Bebaskan juga kamar tidur dari benda-benda elektronik yang bisa mengganggu lelapnya tidur, seperti ponsel atau komputer tablet.

Tidur miring:
Saat hamil dan perut sudah membesar, posisi tidur paling nyaman adalah miring ke kiri. Dengan begitu, perut tidak akan tertekan dan otot-otot kaki bisa bertumpu dengan nyaman.

Bantal tambahan:Agar tidur lebih nyaman, tambahkan bantal untuk menyokong punggung atau kaki. Bantal yang khusus dibuat untuk orang hamil, biasanya lebih baik dan bisa lebih nyaman.

Makan sedikit:Saat perut sudah membesar, wanita biasanya lebih mudah lapar. Janin makin bertumbuh sehingga butuh sokongan nutrisi yang lebih banyak. Namun, jangan makan berat sebelum tidur.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1