Nuffnang Ads

Jumaat, 21 Februari 2014

Konsumsi Apel dengan Kulit, Apa Keuntungannya?


Manis dan kaya manfaat. Itu sebabnya apel jadi buah favorit. Namun tahukah Anda, jika manfaat apel akan jauh berkurang saat dikonsumsi tanpa kulitnya?

Mungkin rasa dan tekstur kulit tidak terlalu nikmat. Tapi kebiasaan mengupas apel ternyata keliru. Menghilangkan kulit apel berarti membuang sebagian besar serat buahnya.

Apel dibungkus kulit yang mengandung 4,4 gram serat. Tanpa kulit, Anda hanya akan mendapatkan 2,1 gram saja. Jumlah itu bahkan tak memenuhi syarat sumber serat minimal: 3 gram.

Mengutip News, sebagian besar vitamin apel juga terletak pada kulitnya. Pada kulit ada 8,4 miligram vitamin C. Jika kulit dikupas, vitamin C yang terkandung berkurang menjadi 6,4 miligram.

Senyawa bermanfaat lain yang disebut quercetin, juga hanya bisa ditemukan di kulit apel. Itu baik bagi paru-paru dan melindungi memori. Untuk mendapat manfaatnya, menurut studi, konsumsi minimal lima buah apel dalam seminggu.

Selain itu, penelitian dari Cornell University memaparkan, senyawa triterpenoid pada kulit apel mampu menghambat atau membunuh sel kanker. Secara khusus, senyawa itu bertugas melindungi hati, usus, dan memerangi sel-sel kanker payudara.

Terakhir, kulit apel mengandung ursolat asam. Itu senyawa penting untuk melawan obesitas. Asam ursolat mampu meningkatkan kekuatan otot, yang kemudian bisa membakar kalori.

Khamis, 20 Februari 2014

Kelebihan bersuami boroi dan gemuk


BOROI. Malangnya perkataan itu, ia jadi musuh hampir semua orang.

Bagi lelaki, mereka sanggup buat apa sahaja untuk memastikan diri tidak termasuk dalam golongan yang malang itu terutama apabila usia menjangkau 40-an.

Namun dalam berusaha, hanya sedikit yang berjaya. Ini berkait dengan banyak sebab, pemakanan, gaya hidup juga soal istiqamah dalam bersenam.

Bagi wanita pula, mereka seboleh mungkin tidak mahu pasangan boroi kerana hakikatnya, sesiapa yang boroi akan dipandang hodoh seperti kuih yang tidak ikut bentuk acuan.

Namun dalam berdepan dengan isu boroi, kita kadang kala diperdengarkan dengan kenyataan-kenyataan yang membawa maksud bahawa lelaki boroi juga punya kelebihan.

Ini termasuk pengakuan oleh wanita sendiri yang saya dapati melalui tinjauan media sosial menyebut bahawa lelaki boroi itu seksi. Benarkah?

Saya kira ini mungkin sekadar alasan untuk menyedapkan hati kerana secara relatif, bagaimana boroi mahu dianggap seksi. Apakah kuih yang jadinya tidak mengikut bentuk acuan semestinya sedap?

Ya, saya sendiri termasuk dalam kategori boroi. Dan untuk menyedapkan hati sendiri, sejak berkahwin, saya sering mengatakan kepada sesiapa sahaja yang membangkitkan isu keboroian saya bahawa hanya jauhari yang mengenal manikam. Kononnya, hanya wanita yang bersuamikan lelaki boroi sahaja tahu kelebihan kami.

Kadang kala saya membuat perbandingan bahawa kami yang boroi ini seumpama minyak masak Seri Murni yang melalui proses pemeringkatan dua kali untuk mendapat kualiti  terbaik.

Sesiapa yang tidak fahami  metafora ini, cuba-cuba fikir sendiri untuk mendapatkan jawapannya!

Baru-baru ini saya ditemukan dengan satu lagi kenyataan bahawa lelaki boroi dikatakan lebih penyayang, berfikiran jauh (mungkin sebab hujung perutnya lebih jauh dari otak) dan satu lagi, seksi.

Itu berkaitan dengan boroi.

Dalam kes gemuk atau berat badan berlebihan, satu soal selidik di Jerman mendapati lelaki yang termasuk dalam kategori itu lebih setia dalam percintaan berbanding mereka yang mempunyai berat badan ideal ataupun kurus.

Sekumpulan lelaki berusia antara 31 hingga 69 tahun ditanya mengenai tahap kesetiaan mereka dalam hubungan cinta termasuk yang sudah berkahwin.

Hasilnya mendapati daripada 53 peratus yang memberikan jawapan, hanya 11 peratus yang mengaku benar-benar setia dan mereka terdiri daripada lelaki-lelaki gemuk.

23 peratus lagi yang dikenal pasti mempunyai berat badan ideal, mengaku curang. Demikian juga 19 peratus mereka yang dikategorikan sebagai kurus.

Apa pun, saya tidak jamin ini juga cerminan bagi orang kita.

Namun harus jadi ingatan bahawa setiap apa yang padanya ada kelebihan, pasti ada kekurangan dan setiap yang dianggap kurang, pasti ada kelebihan. Bersyukurlah dengan apa yang kita ada, dan bagaimana seadanya kita.

Kepada mereka yang termasuk kategori gemuk atau boroi, usahlah lagi bergundah gulana. Jangan dibenci, apa lagi dikeji 'tembikai masak' anda kerana di situlah tersimpan rahsia kelebihan diri anda yang tidak banyak diketahui orang. 

Uar-uarkanlah bahawa anda bukanlah kuih yang jadinya tidak mengikut acuan kerana bahulu yang rupanya cantik molek bukan semestinya sedap!

Kepada isteri-isteri yang suaminya boroi atau gemuk, anggaplah diri anda bertuah kerana zaman sekarang, ramai suami yang tidak setia. Yakinlah selagi mana perut suami anda boroi dan badannya juga gemuk, itulah tanda dia setia.

Lazimnya, jarang ada wanita muda yang mahu lelaki seperti itu melainkan jika dompetnya juga benar-benar boroi dan gemuk!

Jumaat, 14 Februari 2014

Ini Risiko Wanita Punya Payudara Besar


Setiap wanita selalu bermimpi memiliki payudara besar yang indah. Kebanyakan wanita dengan ukuran payudara yang kecil selalu ingin memiliki payudara besar yang kemudian membuat banyak dari mereka memilih untuk operasi pembesaran payudara.

Yang tidak disadari oleh banyak orang adalah masalah kesehatan yang seringkali dialami mereka yang memililki payudara besar.

Banyak wanita dengan payudara besar tidak menyadari bahwa mereka harus berurusan dengan sejumlah masalah kesehatan. Payudara berukuran besar berarti Anda akan harus menanggung berat payudara Anda ketika Anda melakukan pekerjaan rumah tangga seperti membungkuk dan mengangkat barang.

Bahkan menurut para ahli, wanita berpayudara besar atau macromastia mampu menurunkan kualitas hidup. Jika Anda penasaran akan beberapa risiko kesehatan memiliki payudara besar, berikut daftarnya, dilansir dari Boldsky:

Nyeri di beberapa area tubuh:
Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami wanita dengan payudara besar adalah nyeri punggung. Payudara yang besar berarti tulang punggung menopang beban yang lebih berat. Tak hanya punggung, beberapa area lainnya juga umumnya mengalami nyeri seperti leher dan bahu. Jangan meremehkan masalah ini karena nyeri punggung mampu mengganggu Anda melakukan aktivitas normal seperti berolahraga, beraktivitas di rumah atau di kantor.

Masalah saraf:
Ketidakseimbangan ukuran payudara dan tubuh juga mampu membuat postur tubuh Anda menjadi kurang bagus serta menganggu kenyamanan terutama di area bahu. Risiko kesehatan memiliki payudara besar juga seringkali memicu masalah saraf kronis yang ditandai dengan mati rasa dan kesemutan di tangan dan lengan Anda.

Masalah kulit:
Payudara besar juga dapat mengakibatkan masalah kulit yang biasanya terjadi pada kulit di bawah lipatan payudara. Bra yang besar terutama yang menggunakan kawat, bisa menyebabkan bekas di kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal atau infeksi pada kulit.

Gangguan emosional:
Tidak semua masalah kesehatan akibat payudara besar berhubungan dengan fisik. Ada pula masalah mental yang seringkali dialami akibat perasaan tidak nyaman memiliki payudara yang terlalu besar. Beberapa orang merasa payudara besar menganggu imej mereka dan menyulitkan mereka dalam berpakaian sehingga tidak jarang mereka merasa tidak percaya diri dan stres.

Masalah pernafasan:
Ukuran dan berat payudara seseorang juga mampu mengakibatkan gangguan pernafasan. Hal ini karena payudara yang besar mendorong dada Anda sehingga Anda dapat merasa sulit bernafas atau sering mengalami nafas yang terengah-engah. Jika dada dan bahu Anda menopang payudara yang terlalu besar, Anda juga berisiko mengalami sakit kepala.

Rabu, 5 Februari 2014

Larangan Makan Malam saat Diet, Benar atau Salah?


Saat menjalani diet, banyak orang menghindari makan malam. Setidaknya mulai pukul 7, mereka sudah menutup mulut rapat. Alasannya: pembakaran kalori tidak maksimal, hingga lemak pun menumpuk.

Tapi teori ini dibatah ahli nutrisi Jaime Mass, M.S., R.D. Ia mengatakan, kalori tetap akan jadi kalori, tidak peduli kapan makanan dan minuman itu dikonsumsi.

Ia menambahkan, jika total asupan kalori per hari lebih besar daripada yang terbakar, tentu saja menambah berat badan, kapanpun waktu makan Anda.

Yang jadi masalah adalah, sebagian besar wanita justru mengonsumsi setengah dari kalori harian mereka saat makan malam. Sebuah penelitian menemukan bahwa sepertiga orang mengonsumsi 15 persen kalori lebih banyak setelah jam 11 malam.

Padahal jika menu makan malam adalah sayuran dan protein yang dikukus atau direbus, maka tidak akan jadi masalah. Meski Anda makan di atas jam 8 malam. Tapi jika makanan yang dipilih adalah pizza, cup cake atau ayam goreng, jangan heran jika tubuh bertambah gemuk.

"Hasrat makan di malam hari sering disebabkan karena stres di siang hari. Jika Anda makan karena stres padahal sebenarnya tidak lapar, akan sangat mudah tergoda makanan tidak sehat," ujar Jaime, seperti dikutip Women's Health.

Meski begitu, makan di malam hari memang tidak disarankan oleh para pakar diet dan nutrisi. Tapi bukan semata-mata karena memicu kegemukan. Berdasarkan penelitian dari Obesity of Research & Clinical Practice, makan sesaat sebelum tidur meningkatkan gula darah selama 24 jam.

Sementara penelitian yang dimuat dalam Journal of Clinical Sleep Medicine menunjukkan, konsumsi makanan tinggi lemak dan kalori pada malam hari menyebabkan insomnia.

Jadi, makan di malam hari sebenarnya tidak dilarang. Pilihlah makanan rendah kalori seperti buah segar, salad dengan dressing minyak zaitun atau roti gandum dengan telur rebus.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1