Nuffnang Ads

Jumaat, 25 Oktober 2013

Khasiat Dan Kelebihan Petai


Petai..walaupun baunya yang agak kurang menyenangkan. tapi disitulah lahir banyak faedah kepada kesihatan kita. ada pendapat mengatakan bahawa "dari kekurangan..lahirnya kelebihan". mungkin pepatah ini boleh menunjukkan kepada khasiat petai ini. walaupun kekuranganya adalah kerana baunya yang begitu kuat dan ramai yang tidak mengemarinya..

Biji, Daun dan Akar petai semuanya boleh dijadikan ubat..

Biji/Buah Petai:
Khasiatnya ialah apabila dimakan dapat merawat masalah hati (liver), busung, bengkak buah pinggang, kencing manis (diabetes). Juga dapat membunuh cacing dalam perut serta usus, lalu keluar bersama najis.

Daun:
Daun petai boleh digunakan untuk merawat demam kuning. Caranya ialah dengan merebus daun petai, kemudian airnya dibuat minum.

Akar (kulit akar):
Ini khusus untuk rawatan kencing manis (diabetes), juga direbus kemudian airnya diminum. Amalkan selalu.

Diantara khasiat petai dibuktikan melalui pelbagai kajian adalah:

Strok:
Berdasarkan penelitian yang diperolehi daripada The New England Journal of Medicine mendapati amalan memakan petai setiap hari berupaya menurunkan risiko kematian akibat strok sebanyak 40 peratus.

Merokok:
Petai dikatakan berupaya membantu individu yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6, B12, kalium dan magnesium yang terdapat di dalam petai dikatakan berupaya membantu tubuh sembuh cepat daripada ketagihan nikotin.

Anemia:
Dengan kandungan zat besi yang tinggi, petai berupaya menstimulasi pembentukan sel darah merah sekali gus mengurangkan derita pesakit anemia.

Sembelit:
Petai memiliki kandungan serat yang tinggi. la membantu memudahkan proses pencernaan sekali gus mengelakkan masalah sembelit.

Kegemukan:
Hasil kajian yang dilakukan oleh Institut Psikologi Austria, mendapati tekanan yang dialami akibat kerja menyebabkan ramai yang memilih coklat untuk mengurangkan tekanan. Begitu pun, makanan tersebut sebenarnya membuatkan anda berhadapan dengan masalah kegemukan. Amalan memakanan petai berupaya mengatasi masalah kegemukan.

Depresi:
Petai dipercayai dapat mengurangkan depresi. Ini kerana ia mengandungi Trytophan yang berupaya merubah mood seseorang menjadi lebih relaks dan tidak tertekan.

Tekanan Darah:
Kandungan potasium yang tinggi tetapi kandungan garamnya pula rendah! Ya.. Itulah Petai yang dikatakan Raja Segala Ulam. Oleh itu Pentadbiran Makanan dan Ubatan Amerika Syarikat (FDA) telah menyenaraikan Petai sebagai salah satu tumbuhan yang patut diamalkan untuk mengurangkan risiko tekanan darah.

Tenaga Minda:
Kajian yang dilakukan di Sekolah Twikenham Middlesex dengan seramai 200 orang pelajar hanya diberi makan petai untuk sarapan, makan tengahari dan masa rehat telah membuktikan petai yang mempunyai kandungan potasium yang tinggi boleh membantu pelajaran dengan membuatkan pelajar lebih segar dan menguatkan tenaga minda seseorang pelajar.

Petai juga mempunyai empat kali ganda lebih banyak protein, dua kali ganda lebih banyak karbohidrat, lima kali ganda lebih bnyak Vitamin A dan dua kali vitamin-vitamin yang lain jika dibandingkan dengan buah epal.

Khamis, 24 Oktober 2013

Awas, Makanan Panas Bisa Picu Kanker Payudara


Wanita mana yang tak khawatir saat menemukan benjolan di sekitar dada. Penyakit kanker payudara langsung menghantui pikiran. Sayangnya, tak banyak yang langsung periksa ke dokter.

Kebanyakan karena khawatir ketakutannya benar-benar menjadi nyata, atau tak yakin benjolan itu sungguhan kanker payudara. Tak heran, banyak kanker payudara yang baru terdeteksi saat stadium lanjut.

Wanita bukan hanya perlu tahu ciri-ciri benjolan yang ditengarai sebagai kanker payudara. Yang juga penting, adalah mengetahui faktor risikonya. Misalnya: usia, genetik, obesitas, serta gaya hidup buruk.

Di luar itu, ternyata ada kebiasaan-kebiasaan yang tanpa disadari juga menyebabkan kanker.

Ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, onkologis dr. Ronald A. Hukom menyebutkan cara menyantap makanan pun perlu diwaspadai. Makanan panas dan proses memasak dibakar, ternyata lebih berpotensi memicu kanker payudara.

Apa sebab? Rupanya, panas yang masuk ke tenggorokan, usus, dan lambung secara kontinu akan merusak sel-sel di dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko kanker.

“Walaupun tidak berisiko secara langsung, kebiasaan itu juga meningkatkan risiko kanker lain, seperti kanker usus, tenggorokan, atau lambung yang dapat memicu kanker payudara,” katanya menjelaskan.

Di Asia, lanjutnya, penderita kanker rongga mulut dan lambung cukup tinggi. Itu disebabkan kebiasaan masyarakat menyantap makanan dalam kondisi panas, seperti saat menikmati sup.

Sedangkan makanan yang dibakar, terutama jika sampai gosong, mengandung zat kimia seperti benzol-a-piren, amin heterosoklik, dioksin, dan sebagainya.

Zat-zat itu bersifat karsinogenik dan mengandung radikal bebas. Artinya, bisa memicu sel-sel abnormal di dalam tubuh menjadi kanker.

Ronald menegaskan, kanker payudara memang tak hanya bisa diderita mereka yang memiliki faktor risiko. Kebiasaan-kebiasaan buruk juga dapat memicunya. Untuk itu, ia menyarankan untuk melakukan pemeriksaan dini, terutama setelah menemukan benjolan di area dada.

Rabu, 16 Oktober 2013

Kopi Hitam Baik Untuk Hormon Seksual


Pakar Psikologi Seksual Zoya Amirin mengatakan kopi hitam murni baik untuk memicu produksi hormon endorfin yang dapat mengatur hormon pertumbuhan dan seks.

"Hormon endorfin adalah senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang dan nyaman hingga membuat berenergi," kata Zoya Amirin melalui siaran pers di Jakarta, Senin.

Hormon endorfin, tambah dia, dikenal sebagai zat yang banyak manfaatnya. Antara lain mengatur produksi hormon pertumbuhan dan seks, mengendalikan rasa nyeri serta sakit yang menetap, mengendalikan perasaan stres serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, dia bersama produsen kopi melakukan sosialisasi mengenai manfaat kopi yang ternyata baik untuk kesehatan sekaligus bisa menjadi pemicu gairah seksual.

"Tentu sudah banyak orang tahu jika kopi juga mengandung antioksidan. Antioksidan yang terkandung di dalamnya membantu menahan efek buruk dari peradangan pada arteri," ucapnya.

Kopi juga dapat meningkatkan tekanan pada darah dan denyut jantung. Namun setelah beberapa lama, kopi justru menurunkan tekanan darah, karena antioksidan pada kopi mengaktifkan asam nitrat pada tubuh, sehingga terjadi pelebaran pembuluh darah.

Dia juga menambahkan, mengkonsumsi kopi yang tepat dapat menghasilkan antioksidan dan mampu memperlancar aliran darah.

Dia juga mengatakan, kandungan kafein dalam kopi, mengandung "mild stimulan", dan bukan stimulan inti yang menegaskan bahwa kopi bukan obat perangsang.

Khamis, 3 Oktober 2013

Kunyit, Herbal Ampuh Sembuhkan Depresi


Saat mengalami depresi, seseorang biasanya akan melakukan berbagai pengobatan. Mulai dari melakukan konseling, mengkonsumsi obat anti depresan, hingga akupuntur.

Tapi sebenarnya, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kunyit.

Seperti dilansir, Prevention, kunyit dianggap dapat mengatasi depresi dengan cepat karena mengandung kurkumin yang berfungsi sebagai anti depresan.

Hal ini disampaikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ajay Goel, PhD, Direktur Epigenetik dan Pencegahan Kanker di Baylor University Medical Center. Menurut Dr Goel, kurkumin yang terkandung dalam kunyit sebenarnya sudah bertahun-tahun dijadikan sebagai obat alternatif anti depresan saat seseorang tidak takut akan efek samping yang didapatkan dari obat-obatan kimia.

Namun, baru kali ini peneliti menemukan senyawa yang menjanjikan dan dapat bekerja dengan baik untuk manusia.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research, menyatakan bahwa dengan dosis harian 1000 mg, kurkumin dinilai 2-5 persen lebih aktif mengatasi depresi daripada obat kimia.

Kurkumin dianggap menjadi inhibitor alami atau penghambat monoamine oxidase yang menjadi biang keladi penyebab depresi. Kurkumin juga dinilai mampu menghambat pelepasan sitokinin yang menyebabkan stres.

"Untuk mencegah depresi, Anda bisa membuat rempah ini menjadi bagian dalam masakan dan makanan Anda sehari-hari," jelasnya.

Selain dapat mengatasi depresi, kurkumin juga dianggap sebagai obat alami untuk meningkatkan napsu makan.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1