Nuffnang Ads

Selasa, 30 April 2013

Manfaat Jus Kulit Manggis


Sebelumnya inagurasi telah membahas mengenai manfaat yang Anda dapatkan dengan mengonsumsi kulit manggis dan memang benar bahwa kulit manggis memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Mungkin terdengar aneh dan tentunya memiliki rasa yang tidak enak jika Anda mengonsumsi kulit manggis tanpa diolah, apalagi dengan konsumsi kulit manggis secara langsung dapat pula menimbulkan gangguan pencernaan dan gangguan kesehatan lainnya. Maka dari itu kulit manggis dapat Anda olah dengan cara membuatnya menjadi jus kulit manggis tentunya dengan beberapa tambahan misalnya madu sehingga memiliki rasa yang nikmat dan khasiatnya bertambah.

Untuk mengolah kulit manggis menjadi jus kulit manggis hal pertama kali yang perlu Anda persiapkan yaitu kulit manggis yang masih dalam keadaan segar dan tentunya dalam kondisi baik sehingga menghasilkan jus yang segar dan aman dikonsumsi. Berikut beberapa cara untuk membuat sari dan jus kulit manggis yang inagurasi kutip dari seputarwanitasehat.

1- Pertama cuci bersih kulit manggis kemudian potong kulit tersebut menjadi dua bagian. Lalu potongan kulit tersebut direbus ke dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Saring air rebusan tadi dan diminum secara rutin sebanyak 2 – 3 kali sehari.

2- Cara pengolahan lainnya yaitu, pertama – tama kerok bagian dalam kulit manggis yang segar kemudian tambah dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1 : 2. Kemudian semua bahan tersebut diblender dan simpan selama 24 jam lalu kemudian disaring. Lalu untuk pembuatan sirupnya maka campurkan extrak xanthone tadi dengan madu dan ekstrak rosella, kemudian panaskan pada suhu 90-950C selama 10 menit agar kandungan alkoholnya menghilang.

Memang kandungan kulit manggis sangat baik bagi tubuh dan Anda pun dapat mengonsumsinya dengan cara membuat sari atau jus kulit manggis. Akan tetapi jika Anda tidak yakin dalam membuat olahan dari kulit manggis ini, di apotek-apotek sudah tersedia ekstrak kulit manggis sehingga Anda lebih mudah untuk mendapatkan manfaat kulit manggis ini dan tentunya lebih aman untuk pencernaan terlebih yang telah mendapatkan izin BPOM.

Isnin, 22 April 2013

Minum Jus Sebelum Makan Agar Gizinya Langsung Terserap


Jus buah dan sayur sa ngat bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, dalam pembuatan jus ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Berikut enam hal yang harus kita perhatikan seperti dikutip dari buku karangan Dra. Emma S. Wirakusumah, M.Sc, Jus Buah dan Sayuran, 148 Resep Jus untuk Menjaga Kesehatan dan Kebugaran Anda.

* Buah dan sayuran harus dalam keadaan segar.
Alasannya, bahan pangan yang masih segar masih mengandung zat gizi lengkap dibandingkan dengan bahan pangan yang telah dimasak. Bahan yang telah dimasak akan kehilangan 30 - 80 persen kandungan gizinya.

* Buah dan sayuran dalam kondisi matang optimal.
Matang optimal ya? Jangan sampai kelewatan matang. Banyak zat gizi yang belum terbentuk sempurna selama buah belum matang. Misalnya pisang. Jika belum matang mengandung karbohidrat dalam bentuk pati. Jika sudah matang berubah menjadi gula yang bisa langsung dimanfaatkan tubuh.

* Buah dan sayuran harus dicuci terlebih dahulu.
Pencucian dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran dan residu pestisida yang mungkin terdapat pada buah dan sayuran. Untuk jenis-jenis tertentu perlu juga dilakukan pengelupasan kulit dan pembuangan bagian yang tidak bisa dimakan seperti biji. Untuk memudahkan proses penghancuran, buah dan sayuran perlu juga dipotong-potong, namun lakukan pemotongan setelah pencucian. Ini dimaksudkan agar zat-zat gizi, terutama yang larut dalam air, tidak ikut terbuang saat pencucian.

* Pemberian bahan tambahan.
Terkadang jus buah dan sayuran memiliki rasa hambar dan asam. Untuk itu dapat ditambahkan madu atau sirup sederhana. Hanya saja diingat bahwa penambahan ini tidak bisa untuk penderita diabetes melitus. Sirup sederhana dibuat dari air dan gula pasir dengan perbandingan 1 : 1. Ada juga yang menambahkan garam.

* Segera diminum setelah dibuat.
Hal ini dimaksudkan untuk menghindari berkurangnya zat gizi yang terdapat dalam buah dan sayuran. Seperti diketahui, buah dan sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral. Vitamin-vitamin itu akan teroksidasi dan berkurang keefektifannya. Begitu juga dengan enzim-enzim yang terdapat dalam buah dan sayuran. Enzim-enzim itu biasanya akan mengalami kerusakan bila disimpan dalam waktu yang lama.

*Waktu yang tepat mengonsumsi jus.
 Hendaknya jus diminum sebelum makan agar zat-zat gizi dan nongizi yang terdapat di dalamnya bisa langsung diserap tubuh.

Jumaat, 19 April 2013

Tips Awet Muda

PUCUK GAJUS


1. Selepas bangun daripada tidur, amalkan minum air suamsegelas dan selawat sebanyak tiga kali. Amalkan ia setiap hari selepas bangun tidur. Insya-Allah muka anda akan kelihatan berseri-seri setiap hari.

2. Ambil pucuk gajus, bersihkan ia dan makan tanpa rebus. Anda juga boleh air rebus pucuk gajus tersebut untuk kelihatan awet muda.

3. Gunakan kedua-dua jari telunjuk kedua-dua belah tangan anda dan letakkan di dagu. Pusingkan-pusingkan jari anda mengikut arah jam sehingga ke pipi anda dan seterusnya ke hidung anda dan akhir sekali hingga ke dahi anda. Kemudian minum air suam sebelum mengambil sarapan. Diingatkan kepada anda supaya jangan sesekali mengurut dari dahi ke bawah kerana ia mempercepatkan proses kedutan.

4. Makan daun pudina mentah setiap hari atau anda boleh jadikan ia sebagai ulam ketika makan nasi. Amalkan makan daun ini selalu untuk kelihatan muda dan berseri-seri setiap hari.

Rabu, 3 April 2013

Tips: Kelapa Parut Lebih Tahan Lama


Membeli kelapa yang sudah diparut lebih disukai, karena lebih praktis. Tak perlu waktu dan bersusah payah memarut, kelapa sudah siap pakai.

Namun kelemahannya, kelapa parut tak tahan lama. Telat sedikit kelapa akan memunculkan aroma masam dan hasil santannya pun tak lagi bagus.

Jangan khawatir, kelapa parut anda tidak akan menjadi mubazir bila Anda mengikuti tips berikut ini. Bagaimana caranya?

Masukkan kelapa parut dalam kantung plastik atau wadah kedap udara lalu simpan di dalam freezer. Saat akan digunakan, biarkan kelapa dalam suhu ruang. Seduh dengan air hangat baru diperas atau langsung dikukus bila tidak ingin menggunakan santannya.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1