Nuffnang Ads

Jumaat, 29 Mac 2013

7 Petua hilangkan Senggugut


1. Tumbuk lumat tiga ulas bawang putih. Ampurkan segelas air suam lalu dikacau. Selepas itu campurkan sesudu madu asli. Selawat tiga kali sebelum minum. Lebih mujarab jika tidak ditapis. Amalkan minum tiga kali sehari bagi menghilangkan senggugut anda.

2. Ambil tiga ulas bawang merah. Potong halus-halus dan campurkan dengan air paans. Kacau dan minum. Insya-Allah cara ini akan menghilangkan sakit senggugut.

3. Ambil secawan air panas dan mulakan dengan Bismillahirahmanirrahim. Kemudian disusuli dnegan selawat ke atas Nabi Muhammad sebanyak 100 kali dan hembuskan pada air sebelum minum. Insya-Allah dengan izin Allah, sakit senggugut itu akan sembuh seperti biasa.

4. Campurkan tujuh biji limau nipis dengan segenggam beras lalu diembunkan selama satu malam. Minumlah air tersebut pada waktu pagi sebelum sarapan. Amalkan selama tiga hari berturut-turut.

5. Minum dua kali sehari air kelapa yang dicampur dengan gula kelapa (manisan) ketika datang haid. Lakukan selama tiga hari berturut-turut.

6. Ambil pucuk, akar, kulit, batang, daun dan buah betik yang sudah masak (ambil dlaam kuantiti yang sedikit). Kisar semua bahan tadi bersama segelas air dan tapiskan jusnya. Minum jus tersebut setengah gelas sehari. akukan ketika anda senggugut dan Insya-Allah senggugut anda akan beransur hilang.

7. Minum air teh yang dicampur dengan sedikit kapur sirih dan Insya-Allah senggugut anda akan beransur sembuh.

Rabu, 20 Mac 2013

Khasiat Udang Galah


Pada tahun 1996, satu kajian yang dijalankan oleh American Journal of Clinical Nutrition mendapati, kolesterol yang terkandung dalam udang sebenarnya tidak mengundang ataupun memberikan kesan yang tidak baik kepada penerimaan kolesterol dalam tubuh badan.

Pengarah dari Center for Human Nutrition, Universiti California-Los Angeles, David Heber yang juga penulis buku What Color Is Your Diet? Berpendapat, “Udang telah lama dikategorikan sebagai makanan yang menyumbang kolesterol yang tinggi, dan saya sendiri tidak faham kenapa? Ramai orang, termasuklah sesetengah doktor juga mempercayai mitos tersebut. Menurutnya, kandungan kolesterol yang terkandung dalam darah setelah banyak makan udang sedikit pun tidak menjejaskan kesihatan seseorang.

Udang juga kaya dengan khasiat Omega 3, vitamin B12 dan juga niacin, selain bahan galian seperti zink, zat besi dan juga tembaga.

Kolesterol yang dimaksudkan ialah kolesterol ‘baik’ (HDL) akan meningkat dalam darah berbanding kolesterol ‘tidak baik’ (LDL) lemak yang terkandung dalam udang adalah baik dan berguna untuk kolesterol. Kolesterol dalam darah yang terbahagi kepada dua, iaitu LDL dan HDL mempunyai fungsi memasing-masing.

LDL ataupun ‘kolesterol tidak baik’ selalunya akan menyumbang kepada proses saluran arteri (pembuluh jantung). Manakala kolesterol HDL pula HDL yang baik dipam ke paru-paru dapat mengurangkan tahap kandungan kolesterol dalam darah. Dalam erti kata lain, kolesterol dalam udang yang bersifat sebagai lemak itu sebenarnya tidak tepu berbanding lemak tepu yang terdapat pada daging dan telur. Ada pendapat mengatakan kolesterol yang terkandung pada udang agak sukar untuk diserap dalam darah, dan kajian ini masih buntu kerana mereka tidak ada alasan kukuh mengenainya.


Kandungan Nutrisi Udang

Nilai proteinnya dikategorikan ‘complete protein’ karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap dan sekitar 85-95 % mudah dicerna oleh tubuh. 100 gram udang mentah mengandung 20,3 gram protein atau cukup untuk memenuhi keperluan protein harian sebanyak 41 %. Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg).
Artinya, udang sangat sesuai bagi mereka yang memerlukan kandungan protein untuk membentuk otot.

Kalori energi udang yang sangat rendah (hanya 106 kalori per 100 gr udang) menjadikannya salah satu makanan diet yang sangat baik. Udang juga hanya mengandung sedikit asam lemak . Bahkan seperti halnya makanan laut lain, kadar asam lemak sehat pada udang justru sangat tinggi yaitu Omega-3 dan Omega-6 masing-masing mencapai 540 mg dan 28 mg per 100 gr udang segar.

Memang kandungan kolsterol udang cukup tinggi yaitu 152 mg per 100 gr udang segar. Namun hampir sama halnya seperti tuna dan makanan laut lain, segala manfaat nutrisi udang akan mengalahkan efek-efek negatifnya. Asam lemak esensial yang dikandung udang mampu meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik) serta menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah sehingga baik bagi kesihatan kardiovaskular.

Pelbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain.

Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang-kacangan dan serealia. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya.

Manfaat Udang

Melihat berbagai jenis nutrisi yang dikandung udang pada penjelasan diatas maka tidaklah berlebihan jika beberapa manfaatnya adalah :
• Menjaga kesehatan kardiovaskular (jantung) kerana kandungan asam lemak esensialnya akan menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penggumpalan kepingan darah atau ateroskeloris
• Memenuhi keperluan protein dengan asam amino berprofil lengkap yang mudah diserap tubuh
• Sangat sesuai untuk menu diet karena kalori energinya yang rendah
• Memaksimalkan berbagai fungsi organ-organ vital tubuh karena berbagai kandungan vitaminnya
• Sebagai antioksidan yang mampu menjaga kesehatan fungsi kekebalan tubuh, anti radikal bebas penyebab 50 macam penyakit degeneratif dan membantu produksi antibodi dengan kandungan selenium yang sangat tinggi
• Membantu bekerjanya lebih dari 70 macam enzim, hormon, dan proses biosintesa dalam tubuh lainnya dengan kandungan zinc-nya.
• Sangat vital untuk kecerdasan dan pertumbuhan anak dengan tingginya vitamin D, B12 dan Omega 3
• Mencegah penyakit darah rendah (anemia) dan berperan dalam pembentukan sel darah merah karena kandungan besi dan zinc-nya yang tinggi
• Menjaga kesehatan mata dengen kandungan vitamin A
• Menjaga kesehatan kulit dan mencegah penyakit pellagra (kulit burik dan bersisik) dengan kandungan vitamin E (alpha tocopherol) dan niasin yang tinggi
• Menjaga kesihatan tulang, gigi dan sendi dengan kandungan vitamin D, kalsium dan potassium yang tinggi

nota:
Bagi Anda yang mengidap alergi terhadap makanan laut sebaiknya mengurangkan pengambilan udang.

Selasa, 19 Mac 2013

3 Minuman Ini Jangan Disajikan Panas


Umumnya cuaca dingin membuat minuman panas semakin nikmat diminum. Namun, tidak semua minuman baik disajikan panas. Terutama ketika kita juga ingin mengambil manfaat gizi dari minuman, penyajian minuman yang tepat adalah dengan suhu hangat, normal, atau dingin.

Menurut dokter Samuel Oetoro, spesialis gizi klinik, penyajian panas, terutama penyeduhan dengan air panas, bisa merusak zat gizi tertentu. Berikut adalah beberapa jenis minuman yang sebaiknya tidak disajikan panas.

1. Teh hijau:

Teh hijau mengandung epigallocatechin gallate sebagai antioksidan potensial yang bisa rusak ketika diseduh dalam suhu tinggi. "Sebaiknya menyeduh teh tidak dengan air mendidih, tetapi tidak lebih dari 70 derajat celsius," ujar Samuel. Ia menambahkan, untuk memperoleh manfaat antioksidan optimal dari teh, maka satu cangkir memerlukan 3 gram teh. Adapun untuk teh celup, jangan mencelupkannya lebih tiga kali untuk menghindari kontaminasi kantong celup.

Selain itu sebaiknya jangan menyimpan teh hijau lebih dari 6 bulan agar kandungan antioksidannya tidak rusak. "Untuk mendapat manfaat optimal konsumsi teh hijau tiga sampai lima cangkir sehari," ujarnya.

2. Jeruk/buah limau:

Jeruk adalah buah yang sarat vitamin C. Menilik sifat vitamin C yang tidak tahan panas, maka sebaiknya tidak menyeduh dengan air panas. "Paling baik menyajikan minuman jeruk dengan suhu ruang," ungkap Samuel.

3. Susu:

Susu mengandung protein tertentu yang bisa rusak ketika diseduh dengan air panas. "Protein tertentu dalam susu akan mengalami denaturasi dalam suhu lebih dari 80 derajat Celsius, maka cukup seduh dengan air hangat," kata salah satu penulis buku Smart Eating ini.

Ahad, 17 Mac 2013

INFO: Malas Mandi! Tak Sehat untuk Tubuh



Mandi merupakan kegiatan yang sebenarnya mudah dan memiliki banyak manfaat. Tentu saja selain membuat tubuh bersih, mandi juga dapat meningkatkan kesuburan pria. Apa manfaat lain dari mandi?

* Menenangkan tubuh.
Panas tubuh yang berlebih merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan. Konsekuensinya adalah terjadinya cacar air dan mimisan pada anak-anak. Sementara pada orang dewasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan stroke. Nah, ketika mandi Anda mengeluarkan panas dari dalam tubuh.

* Menghilangkan debu dan kotoran.
Debu dan kotoran yang menetap pada tubuh untuk waktu yang lama dapat mencemari pori-pori kulit. Pori-pori tersumbat membuat kulit sulit bernapas. Inilah yang menyebabkan infeksi kulit seperti eksim. Karena itu, mandi dapat membuka pori-pori dan menghilangkan debu serta mikroorganisme yang melekat.

* Menghilangkan stres dan depresi.
Ketika stres, otot menenang, kemudian kram. Mandi dapat melemaskan otot-otot kita, sehingga ini dapat mengobati stres. Selain itu juga baik untuk menangani depresi. Cobalah mandi dengan air hangat. Akhirnya mandi memiliki efek psikologis yang positif pada pikiran kita.

* Menjaga kecantikan.
Mandi setiap hari membuat kulit indah dan rambut sehat. Semua kotoran, debu, dan make-up akan hilang dari tubuh. Badan terasa ringan, segar, dan harum.

* Menguatkan sistem kekebalan tubuh.
Hal ini dibuktikan oleh penelitian ilmiah, jika mandi dapat membantu meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Panas tubuh membunuh sel-sel darah putih. Maka secara tidak langsung mandi membantu meningkatkan imunitas tubuh. Mandi juga merupakan cara terbaik menghilangkan perasaan lesu di pagi hari. Dengan mandi, tubuh diberikan ledakan energi, terutama jika Anda baru saja bangun tidur.

* Sirkulasi darah.
Berendam, cara terbaik untuk sirkulasi darah. Cobalah berendam dalam air hangat. Lelah pun akan hilang setelahnya. Panas tubuh juga dapat meningkatkan tekanan darah. Nah, jika Anda rentan terhadap tekanan darah tinggi, jangan lewatkan mandi.

* Mengobati masalah tidur.
Mandi air hangat merupakan solusi terbaik untuk mengatasi masalah tidur. Jika Anda merasa kesulitan untuk tidur, cobalah berendam dalam air hangat sebelum tidur karena akan membuat Anda rileks.

* Meningkatkan vitalitas dan kesuburan.
Mandi membuat pikiran dan tubuh segar serta bersih. Pasangan pun pasti akan nyaman jika Anda dapat menjaga kebersihan tubuh. Mandi juga bermanfaat untuk kesuburan, terutama dengan air dingin yang dapat meningkatkan jumlah sperma pada pria.

Rabu, 13 Mac 2013

Awasi 11 gejala masalah tiroid



Sekitar 27 juta warga Amerika Serikat diperkirakan mengidap masalah tiroid. Meski penyakit tiroid dapat diobati, terkadang mereka sulit didiagnosis karena menampakkan gejala yang samar-samar dan dapat disalahartikan sebagai masalah kesehatan lain. Cermati beberapa hal berikut ini:

Apakah tiroid itu?
Kelenjar tiroid adalah salah satu kelenjar endokrin dalam tubuh. Kelenjar yang berbentuk mirip kupu-kupu ini terletak di leher, persis di bawah laring. Kelenjar tiroid memproduksi hormon yang membantu mengatur fungsi organ tubuh seperti jantung, otak, liver, ginjal, dan kulit.

Apa saja masalah tiroid?
Ada beberapa macam penyakit dan masalah yang dapat memicu tiroid tak berfungsi. Dua masalah tiroid paling umum adalah hipotiroidisme dan hipertiroidisme.

Hipotiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid tidak seaktif seharusnya dan tak mampu menghasilkan cukup hormon untuk kebutuhan tubuh. Masalah ini bisa disebabkan cacat sejak lahir, operasi pengangkatan kelenjar tiroid, sakit gondok, atau benjolan.

Hipertiroidisme muncul karena kelenjar tiroid terlalu aktif dan menghasilkan hormon lebih dari yang digunakan tubuh. Penyebab paling umum hipertiroidisme adalah penyakit autoimun, benjolan, dan konsumsi yodium yang berlebihan.

Tiroid juga bisa terserang kanker. Meski kasus kanker tiroid makin marak, tetapi jenis kanker ini masih bisa diobati.

Apa gejala penyakit tiroid?
Masalah tiroid sulit diketahui langsung, karena banyak gejalanya yang serupa dengan masalah lain. Gejala disfungsi tiroid juga bisa berbeda-beda, tergantung tingkat keparahannya. Berikut ini beberapa gejala penyakit tiroid:

- Letih, lesu, lunglai, meski cukup istirahat
- Depresi, kehilangan minat terhadap hal-hal yang tadinya disukai
- Menstruasi lebih berat, PMS, masalah kesuburan/keguguran
- Sembelit, meski cukup serat
- Sering lupa, sulit konsentrasi, susah belajar atau sering “skip”.
- Berat badan bertambah tiba-tiba, wajah menggembung
- Kulit gatal atau kering, meski cukup pakai pelembap
- Kuku dan rambut kering
- Sulit menelan
- Tidak tahan dingin, terutama di ujung jari tangan dan kaki
- Kram otot

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, temuilah dokter Anda dan minta pemeriksaan level hormon tiroid untuk keterangan lebih lanjut.

Selasa, 12 Mac 2013

Tips untuk cepat hamil...



Bagi yang susah nak dapat anak(mengandung) mungkin anda boleh cuba petua ini. Petua ni saya dapat melalui email daripada salah seorang sahabat saya. Katanya petua ini alhamdulillah memang terbukti setakat ini.

Begini petuanya :

1.Ambil segenggam kacang hijau.

2.Rendam kacang hijau itu selama 2 hari (sampai tumbuh ekor anak tauge kira-kira panjang ekor itu menjadi 2 kali panjangnye kepala tauge). Air rendaman tu hendaklah sama aras dengan kacang hijau (bagi kacang tu tenggelam dalam air).

3.Tutup bekas tu (kalau nak mudah, rendam guna periuk)

4.Bila dah jadi anak tauge, cuci dan buang kulit hijau yang ada (kulit kacang hijau)

5.Rebus tauge itu dengan 2 gelas air kira-kira dalam 15 minit dengan api sederhana.

6.Apabila air rebusan itu dah tinggal jadi separuh. Tapis & ambil air rebusan yang tinggal (kira-kira dalam segelas).

7.Minum air rebusan itu tiap-tiap pagi bermula dari 1st period sampai waktu subur.

Menurut pengamal petua ini, mereka cuma mengamalkan petua ini sebulan saja. Lepas sebulan amal, dengan izin Allah dia mengandung, katanya. Menurutnya lagi, kawan-kawan nya yang lain yang mengamalkan petua ini juga, Alhamdulillah berjaya mengandung.

Kepada mereka yang inginkan anak, cubalah amalkan petua ini. Cuba amalkan dan tawakal pada Allah. Doa banyak-banyak.

Semoga dipercepat menimang cahaya mata..

Isnin, 11 Mac 2013

5 jus ini bantu program diet Anda



Sangatlah penting memiliki variasi menu diet untuk mencapai target badan ideal yang Anda inginkan. Termasuk memberikan variasi terhadap minuman yang Anda konsumsi.

Saat ini, banyak sekali minuman di pasaran yang mengandung gula tinggi, pewarna dan pemanis buatan yang tidak jelas asal-usulnya. Tubuh kita tidak akan berada pada kondisi kesehatan yang maksimal dengan terus mengkonsumsi minuman tersebut.

Berikut 5 minuman sehat alami yang bisa Anda konsumsi untuk memaksimalkan hasil diet sekaligus meningkatkan kesehatan Anda.

Jus Jeruk/limau:
Minuman favorit yang dapat dijadikan sebagai variasi dalam menu diet adalah jus jeruk atau orange juice. Orange juice memiliki kesegaran natural dan mudah dalam penyajiannya. Selain itu, jus jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan fitonutrisi yang menyehatkan. 8 ons orange juice setara dengan kandungan potassium pada pisang. Dengan banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya, orange juice telah dipercaya banyak orang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Jus Apel:
Jus apel menjadi minuman yang wajib ada dalam menu diet Anda. Penyajian yang tepat adalah tanpa gula karena apel memiliki kandungan gula yang cukup untuk mendapatkan rasa manis. Jus apel segar mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat. Asam malat yang terkandung pada apel dapat menjadi tenaga tambahan saat latihan. Pepatah lama yang mengatakan ‘an apple a day can keep the doctor away’ telah teruji kebenarannya, setelah banyak penelitian klinis yang membuktikan buah apel dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol.

Jus Cranberry:
Minuman sehat lainnya adalah jus cranberry. Kemampuan antioksidan dari jus cranberry telah dikenali sejak lama, yaitu sebagai pengobatan untuk infeksi saluran urine. Sifat asam jus cranberry mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. Jus cranberry dalam menu diet Anda membuat Anda dalam kondisi yang fit setiap harinya.

Jus Anggur Merah:
Anggur merah kurang lebih mengandung 154 kalori dalam setiap 8 ons penyajian. Kulit anggur merah mengandung senyawa resveratol yang diyakini memiliki kemampuan mencegah kanker. Kandungan resveratol anggur merah lebih banyak daripada anggur putih. Selain itu, anggur merah merupakan buah yang kaya potasium dan vitamin C untuk menunjang keberhasilan diet Anda.

Jus Tomat/tomato:
Jus tomat menjadi minuman paling populer di kalangan para pelaku diet karena hanya mengandung 53 kalori dan berbagai nutrisi penting seperti potasium, lycopene, vitamin C dan beta-karoten yang berguna menjaga kesehatan mata dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain minuman di atas, Anda dapat pula mengombinasikan beberapa buah dan sayur seperti mangga, nanas, wortel, dan bayam. Dengan menggabungkan buah dan sayuran segar tersebut, tentunya manfaat kesehatan yang Anda dapatkan akan lebih banyak. Selamat menikmati menu sehat Anda dan salam hidup sehat.

Sabtu, 9 Mac 2013

Beragam kandungan dalam kulit manggis



Anda mungkin merasa sedikit aneh jika harus mengonsumsi buah beserta kulitnya. Mengingat kebiasaan kita adalah membuang kulit dan memakan daging buahnya.

Padahal penelitian menyebutkan bahwa kebanyakan kulit buah mengandung nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang hampir sama dengan isi buahnya.

Salah satu kulit buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan adalah kulit manggis. Manggis atau dalam bahasa latih disebut Garcinia mangostana L, memiliki banyak sekali manfaat kesehatan mulai dari kulit, daging buah, hingga bijinya. Sehingga tidak berlebihan jika buah ini mendapat julukan Queen of Fruits (ratunya buah).

Kulit buah manggis mengandung xanthone, zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, dan mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Yuk, kita simak kandungan nutrisi apa saja yang terdapat dalam buah manggis serta manfaatnya bagi kesehatan.

Mengandung Xamthone:
Komponen aktif utama dari buah manggis disebut xanthones. Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan yang secara biologis aktif dan secara struktural mirip dengan bioflavanoids. Senyawa ini jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan hanya dalam dua keluarga tanaman. 200 jenis xhantones alami yang sejauh ini telah diidentifikasi. Sekitar 40 jenis diantaranya telah ditemukan dalam buah manggis.

Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa manfaat, termasuk anti-inflamasi dan anti-alergi. Ada juga komponen lain dari buah manggis yang memiliki kualitas obat, termasuk polisakarida, sterol, proanthocyanidins dan catechin, sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan fungsi tubuh.

Rendah Kalori:
Selain memiliki rasa yang lezat buah manggis juga rendah kalori. Cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang berdiet untuk menurunkan berat badan. Terdapat 63 kalori per 100 gr buah manggis. Tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Selain itu, buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen per 100 gramnya.

Kaya Vitamin C:
Buah manggis dapat memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh sebesar 12 persen per 100 gram daging buahnya. Vitamin C merupakan vitamin larut air yang bekerja kuat sebagai antioksidan. Membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit seperti, flu, infeksi, hingga kanker.

Buah manggis juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, niacin, dan folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor dalam memetabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

Mengatasi Diare:
Buah manggis menjadi buah yang cukup populer di Filipina. Masyarakat Filipina biasanya menggunakan hasil rebusan daun manggis dan kulitnya untukmengatasi berbagai gejala penyakit seperti, menurunkan suhu tubuh saat demam, mengatasi diare, sariawan, disentri, hingga gangguan saluran kencing.

Anti kanker:
Kandungan xanthone dalam kulit dan buah manggis bersifat anti proliferasi dan apoptosis yakni, efektif untuk menghambat pertumbuhan sekaligus menghancurkan sel-sel kanker.

Mencegah Penyakit Jantung:
Buah manggis juga mengandung sejumlah mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung, dan tekanan darah. Dengan demikian, buah manggis menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Oleh karena itu, saat Anda mengonsumsi buah manggis, jangan buru-buru membuang kulitnya. Setelah mengonsumsi buahnya, buatlah seduhan sederhana dari kulit manggis untuk mendapatkan manfaat sehatnya. Jangan lupa untuk mencuci bersih sebelum Anda mengolahnya.

Anda juga perlu berhati-hati, karena kulit manggis mengandung kadar resin, serat kasar, dan tanin yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak.

Jumaat, 8 Mac 2013

Khasiat Jantung Pisang


1. Darah tinggi dan strok – Ia membantu menurunkan tekanan darah tinggi kerana kandungan potasiumnya yang tinggi.

2. Kolestrol – Ia rendah dari segi kalori lemak dan sodium yang membantu menurunkan kolestrol.

3. Cirit-birit – potasium dan magnesium yang terkandung di dalam pisang amat sesuai merawat cirit-birit.

4. Anaemia – anaemia ialah penyakit kurang darah. Oleh kerana pisang kaya dengan zat besi, ia boleh merangsang penghasilan haemoglobin di dalam darah.

5. Kemurungan – orang yang sedang murung lebih cepat ceria apabila makan pisang. Ini kerana kandungan sejenis protein membantu kita menjadi tenang.

6. Pening-pening – cara paling cepat merawat rasa pening-pening ialah dengan meminum minuman susu pisang kocak (banana milkshake) yang dicampur madu.

Catatan:

* Pisang yang paling sesuai dimakan untuk menjaga kesihatan ialah pisang yang masih ada warna hijau di hujungnya.

* Jika anda digigit nyamuk, gosokkan bahagian dalam kulit pisang pada tempat yang digigit.

* Pisang boleh diberi pada bayi seawal usia 3 bulan sebagai makanan pejal kerana mudah dihadam.

Jumaat, 1 Mac 2013

Tip: Langkah mudah berhenti merokok


Anda berniat untuk berhenti merokok? Meski sulit dijalankan, keputusan Anda ini patut dipuji. Berhenti merokok, terutama jika Anda sudah melakukannya puluhan tahun, bukanlah hal yang mudah. Nah, untuk mendukung komitmen Anda, berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk membantu Anda berhenti merokok.

Menyesap air dingin dan ngemil:
Menyesap (minum sedikit-sedikit, Red.) air dingin dapat mengganti tindakan mengisap rokok. Penelitian terbaru menunjukkan, minum air dingin melalui sedotan melepaskan dopamin, zat baik dalam otak yang dapat membantu meringankan suasana hati yang negatif. Ngemil juga bisa membantu Anda mengalihkan keinginan untuk merokok. Pilih camilan sehat untuk menghindari kemungkinan kenaikan berat badan.

Simpan daftar manfaat:
Menyimpan daftar tertulis dari manfaat berhenti merokok dapat mengendalikan keinginan untuk merokok.

Sikat (gosok)gigi lebih sering:
Sikat gigi Anda lebih sering agar mulut terasa selalu segar.

Hindari Alkohol:
Minum alkohol bisa berefek mengikis komitmen Anda berhenti merokok, sehingga dapat memicu Anda kembali merokok.

Cari zona anti-rokok:
Pergilah ke suatu tempat di mana tidak ada asap rokok untuk mengalihkan perhatian Anda dari rokok. Misalnya saja, nonton film, ke perpustakaan, atau toko.

Ingat Alasan:
Tuliskan semua alasan Anda berhenti merokok dalam daftar. Buatlah salinan dan tempelkan di tempat-tempat di mana Anda banyak menghabiskan waktu dan mudah terlihat. Apakah itu di dapur, kantor, atau di samping cermin kamar mandi. Tempatkan juga di samping daftar tersebut foto orang yang Anda dicintai.

Olahraga:

Ketika tubuh aktif, ia akan mengirimkan bahan kimia alami yang membantu mood dan mengurangi stres Anda. Berjalan merupakan salah satu latihan yang paling mudah dilakukan.

Isi Kalender:
Selama beberapa minggu pertama berhenti, pastikan hari Anda dipenuhi dengan hal-hal yang ingin Anda lakukan. Buatlah rencana bersama keluarga atau teman-teman. Kegiatan ini bisa mengalihkan perhatian Anda dari rokok.

Terus isi mulut:
Keinginan untuk merokok bisa kembali jika mulut Anda kosong. Jadi, jika sedang bengong, usahakan menaruh sesuatu di mulut Anda, entah itu permen, permen karet rasa rokok, atau makanan sehat lainnya. Pilih jenis manisan yang bebas gula dan pastikan itu selalu ada di tas Anda.

Cari dukungan:
Cari dan mintalah dukungan dari seseorang. Pilihan terbaik adalah teman yang juga seorang mantan perokok. Tapi siapa pun mereka, paling tidak yang peduli dengan komitmen Anda.

Batasi Kafein:
Efek negatif kafein adalah dapat membuat beberapa orang merasa tegang, gelisah, dan stres. Efek ini bisa membuat seseorang melanggar komitmennya akan nikotin.

Jaga emosi:
Emosi negatif, seperti depresi, marah, dan frustrasi, bisa menjadi alasan umum orang kembali ke rokok. Temukan cara untuk mengalihkan perhatian Anda. Salah satunya adalah berkumpul dengan teman-teman atau melakukan sesuatu yang benar-benar Anda nikmati.

Hindari pengacau:
Jujur saja, pasti tidak semua orang mendukung keputusan Anda ini, kan. Mereka berupaya untuk merusak komitmen Anda. Hindari mereka segera. Jika tidak mungkin, duduk dan jelaskan kepada mereka, mengapa berhenti merokok begitu penting bagi Anda.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1