Nuffnang Ads

Ahad, 23 September 2012

Makanan Mengandung Air dan Serat Hindari Dehidrasi


Cuaca panas menyelimuti desa dan daerah bukan hal baru. Namun, masyarakat diimbau mampu mengantisipasi serangan dehidrasi dengan mengkonsumsi makanan berkuah.

Dehidrasi didefinisikan kehilangan cairan tubuh yang berlebihan. Hal ini bisa saja terjadi di saat kita sedang menjalani aktivitas tinggi di tengah cuaca yang didominasi terik matahari.

Dosen Bagian gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, Sri Sumarmi mengatakan, asupan sayur dan buah-buahan adalah yang utama di saat cuaca panas. Terlebih, sayuran hijau yang kaya serat.

"Asupan makanan yang terbuat dari sayur dan buah bisa memenuhi kebutuhan air dan mineral tinggi bagi tubuh," kata Sri Sumarmi.

Sebut saja, lanjut Sri Sumarmi, selada, mentimun, semangka dan jambu air. Makanan sayur dan buah seperti itu gampang ditemui dan dikonsumsi.

Dengan mengonsumsi makanan kaya serat, air dan mineral, tubuh akan lebih jarang merasa haus. Sebab, serat bisa membantu mengikat air untuk proses pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

"Kandungan serat dalam sayur dan buah mampu membantu mengikat air saat proses metabolisme tubuh," terang dia.

Ahad, 16 September 2012

Makanlah Makanan Ini Tiap Hari Jika Ingin Awet Muda

blueberry 


Penuaan dini sering dialami bagi sebagian besar wanita. Kulit keriput atau garis-garis wajah yang terlihar kendur. Mengubah gaya hidup sehat, dengan mengatur pola makan yang benar sangat dianjurkan. Cara alami ini dapat mencegah penuaan dini.

Memperlambat proses penuaan dini diketahui dapat mencegah berbagai jenis penyakit. Di antaranya, osteoporosis, diabetes dan penyakit jantung. Seperti yang direkomendasikan oleh EatingWell, 6 makanan kaya antioksidan ini baik untuk mencegah penuaan dini.

1. Minyak Zaitun:
Hasil penelitian yang dilakukan 32 tahun silam oleh Seven Countries Study, menyebutkan bahwa lemak tak jenuh tunggal dalam minyak zaitun bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Minyak zaitun juga mengandung polifenol yang merupakan senyawa antioksidan.

2. Yogurt:
Produk olahan susu yang difermentasi ini kaya akan kalsium. Dapat mencegah osteoporosis dan kandungan bakteri lactobacillusnya dapat menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu juga mengurangi risiko peradangan pada usus.

3.Ikan:
Sejak 30 tahun lalu, para ahli mulai meneliti berbagai produk ikan di Alaska berkaitan dengan penyakit jantung. Hasilnya ditemukan bahwa ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang membantu mencegah penumpukan kolesterol dalam arteri serta menjaga irama detak jantung tetap normal.

4.Cokelat:
Orang-orang yang tinggal dilepas pantai Panama, tercatat memiliki risiko penyakit jantung. Namun risiko berkurang hingga sembilan kali lipat, setelah mengkonsumsi kokoa. Kokoa kaya akan flavanols yang dapat menjaga kesehatan pembuluh darah. Guna mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe-2, penyakit ginjal dan demensia.

5. Kacang-kacangan:
Studi yang dilakukan oleh kelompok Seventh-Day Adventists, menunjukkan bahwa orang yang makan kacang selama 2,5 tahun risiko terkena penyakit jantung juga turun. Manfaatnya hampir sama dengan minyak zaitun.
Penuaan dini sering dialami bagi sebagian besar wanita. Kulit keriput atau garis-garis wajah yang terlihar kendur. Mengubah gaya hidup sehat, dengan mengatur pola makan yang benar sangat dianjurkan.

6. Blueberry:
Pada riset tahun 1999 di Tufts University’s Jean Mayer Human Nutrition Research Center on Aging ditemukan, jika makan ekstrak blueberry bisa memperpanjang umur hingga 10 tahun. Blueberry juga dapat mengurangi peradangan dan keruskaan oksidatif yang berhubungan dengan fungsi motorik dan memori otak.

Sabtu, 8 September 2012

Enam Langkah Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut


Tidak ingin sakit gigi? Jaga kesehatan gigi dan mulut mulai sekarang.

Menjaga gigi tetap sehat dan kuat itu mudah dan murah, cukup siapkan sikat dan pasta gigi. Dibandingkan jika kita terlanjur sakit gigi akan mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

"Salah satu faktor eksternal gigi berlubang adalah makan makanan manis. Jika anak makan permen di sekolah, setelah itu kumur, dan sampai rumah baru sikat gigi. Kalau tidak, makanan itu menyebabkan plak atau karang gigi. Ada kuman yang mengeluarkan asam, dan melarutkan email," terang Eky.

Berikut ini tips menjaga gigi dan mulut tetap sehat:

1. Gosok gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Terutama setelah makan dan sebelum tidur.

2. Kumur dengan obat kumur yang dapat membantu mencegah plak dan karang gigi, minimal seminggu sekali.

3. Sikat gigi dengan baik dan benar, yaitu dengan menjangkau ke seluruh permukaan gigi dengan arah dari gusi ke gigi. Dan, pilih sikat gigi yang memiliki bulu sikat yang lembut.

"Mencegah gigi berlubang dengan menyikat gigi dan alat yang baik dan benar," ujar drg. Eky S. Soeria Soemantri, Sp.Ort(K).

4. Hati-hati dalam menggunakan pemutih gigi, karena jika penggunaannya tidak benar, dan pemutih mengandung bahan berbahaya akan mengikis email gigi.

5. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, karena sisanya akan melekat pada gigi. Misal: permen, makanan bertepung, susu, kopi, teh. Batasi pula konsumsi anggur merah dan berhenti merokok.

6. Lakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali secara rutin.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1