Nuffnang Ads

Selasa, 25 Oktober 2011

Lagi khasiat Mengkudu !!



Buah mengkudu atau pace kurang disukai orang karena aromanya yang tidak enak dan rasanya sedikit pahit. Belakangan buah ini jadi andalan sebagai suplemen dan obat yang bisa menumpas beragam jenis penyakit.

Tanaman liar ini tumbuh hingga halaman rumah. Tinggi pohonnya bisa mencapai 3-8m. Daunnya tebal dan lebar, buahnya berbentuk lonjong, dan berwarna hijau kekuningan, serta bertotol-totol seperti ada matanya Kalau sudah tua berwarna kuning dan aromanya langu.

Mengkudu, pace atau noni (dalam bahasa Hawai) ini, memiliki sumber karbohidrat, tinggi vitamin A, vitamin C, zat besi dan niasin. Daging buahnya rendah lemak dan tinggi protein. Nutrisi inilah yang sangat diperlukan tubuh untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.

Dengan begitu tak ada alasan menolak buah ini. Berikut ini sejumlah manfaat mengkudu yang baik buat tubuh:

Daya tahan tubuh
Buah mengkudu memiliki keseimbangan sempurna dari vitamin, mineral, asam amino, peptida, dan enzim. Kesemua nutrisi yang terkandung sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan
Penelitian menunjukan bahwa minum jus mengkudu dapat membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas. Sebab buah mengkudu kaya akan antioksidan alami seperti vitamin E dan koenzim Q10 yang diperlukan tubuh.

Anti inflamasi
Sari buah mengkudu memiliki sifat anti inflamasi yang telah terbukti mampu mencegah terjadinya peradangan. Juga menurunkan resiko terkena serangan jantung.

Analgesik
Buah mengkudu dikenal sebagai obat penghilang rasa sakit dan daunnya bisa digunakan untuk meredam sakit kepala. Konon, sejak dulu banyak orang yang menggunakan daun buah mengkudu sebagai obat alami untuk meredakan nyeri sendi. Mengkudu memiliki kandungan analgesik sebanyak 75% yang efektif sebagai morfin sulfat dalam mengurangi nyeri sendi.

Melawan kuman
Kandungan senyawa seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana yang ada pada buah mengkudu memiliki sifat antibakteri, anti jamur dan antiparasit yang baik untuk memelihara kesehatan kulit dan tubuh.

Anti kanser
Penelitian telah menyatakan adanya senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang baik untuk mencegah kerusakan DNA dan kanker serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

Mengendalikan tekanan darah
Makan buah mengkudu dalam bentuk jus, buah segar atau suplemen sangat dianjurkan, karena kandungan nutrisinya bisa mencegah terkena hipertensi. Tekanan darah menjadi lebih stabil.

Jumaat, 21 Oktober 2011

FUNGSI DAN RAHSIA BATU PERMATA




Sejarah perihal permata, mitos dan kepercayaan masyarakat dunia kini dan dahulu kala jelas menunjukkan bahawa batu permata sememangnya mempunyai tempat yang amat istimewa di hati kalangan masyarakat dunia khasnya masyarakat Melayu sejak dahulu lagi.

Saya kongsikan sedikit maklumat yang diperolehi untuk pengetahuan dan rujukan para penatap blog ini yang setia. Namun, harus kita semua termasuk saya teguh berpegang pada tali "Hak" Allah, iaitu di sebaliknya mitos dan kepercayaan umat bukan Islam, sememangnya batu-batu permata yang semuladi kejadiannya mempunyai "Rahsia dan Mistik" yang tersendiri.
Justeru, sudah tentu ada sebab dan khasiatnya yang tersendiri, kenapa ia diciptakan Allah. Jelas, kesemuanya terjadi dengan izin Allah swt jua semata-mata.

Agate/Akik:

* Akik dapat membantu untuk hal-hal yang berhubungan dengan kepribadian secara fizikal dan emosional.
* Lagenda mengatakan bahawa pemakai Akik akan dilindungi dari bahaya dan membangkitkan pemakainya dengan keberanian.
* Akik dipercayai dapat menyembuhkan penyakit Insomnia (kesulitan untuk tidur yang parah), memberikan mimpi indah dan memberi ashbab bagi keseimbangan tubuh.

Jenis-jenis akik dengan kemampuannya :

Akik Lumut : dapat meningkatkan hubungan dengan alam sekitar. Lumut Hijau membantu menghilangkan racun dalam darah dan menyeimbangkan energi emosional. Lumut Merah membantu membersihkan darah serta menambah stamina fisik.

* Akik pohon : menolong didalam melakukan introspeksi diri dengan lebih jelas, melihat dunia melalui sudut pandang yang lebih luas dan menurunkan demam serta kadar racun
* Akik Garis/Pita : membantu dalam menarik kekuatan, mengatasi rasa tidak mempunyai cukup kekuatan atau keberanian
* Akik Renda/Jalinan : mengatasi keputus-asaan dan depresi, menimbulkan kegembiraan serta relaksasi dari tegangan otot serta kejang. Akik renda biru membantu menyeimbangkan cairan tubuh dan memberi ketenangan emosi.
* Akik menyerupai bulu burung : menguatkan pembuluh darah dan mengatasi rasa takut tanpa sebab yang jelas. Berguna untuk mengurangi rasa takut dalam berburu atau menemukan arah
* Akik bintik-bintik : perlindungan ekstra terhadap pelawat/pengembara, salah satu batu para petualang
* Akik Mata : melindungi dari kerusakan pada tubuh dan menghilangkan pikiran negatif
* Akik Dendrite : menyeimbangkan kadar gula darah. Merupakan batu para petualang untuk memberikan keamanan dan kekuatan
* Akik India : memberikan kekuatan jasmani, mengatasi perasaan tidak aman/tidak sejahtera dan menghilangkan kelemahan fisik serta emosional
* Akik Botswana : mengatasi ketidakpastian dari arah dan tujuan peribadi.

Jumaat, 7 Oktober 2011

Cegah Diabetes Dengan Kulit Bawang


Kulit bawang merah sering dibuang sebagai sampah. Sebaiknya mulailah mengumpulkan kulit bawang ini. Karena kulit bawang ini ternyata mengandung banyak khasiat. Sangat bagus sebagai penangkal kanser dan berbagai penyakit serius.

Bawang merah merupakan salah satu bahan dapur wajib dalam hampir setiap masakan. Namun, tidak sedikit orang mengupas kulit bawang dan membuangnya. Padahal, menurut sebuah penelitian terbaru, kulit bawang merah terbukti memiliki senyawa yang bisa menangkal kanser dan penyakit diabetes.

Bawang merah mengandung sulphur compound seperti Allyl Propyl Disulphida (APDS) dan flavonoids seperti quercetin yang dipercaya bisa mengurangi risiko kanser, penyakit jantung dan kencing manis. Bawang juga mempunyai unsur-unsur anti-kanker, anti bakteria, anti-viral, anti-allergenic dan anti-inflammatory.

Tidak hanya pada buahnya, kulit bagian luar bawang yang mengering dan berwarna lebih pekat dari buahnya juga memiliki kandungan serat dan flavonoid yang tak kalah tinggi. Seperti yang dinyatakan oleh sebuah studi Journal Plant Foods for Human Nutrition.

"Limbah bawang merah merupakan sumber bahan alami yang bernilai tinggi. Sebab, jenis sayuran ini kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia", kata Vanesa Benitez, seorang peneliti di Departemen Kimia Pertanian Universitas Madrid, Spanyol.

Sebuah kelompok riset Benitez yang bekerjasama dengan para ilmuwan dari Universitas Cranfield Inggris, melakukan eksperimen laboratorium mengenai manfaat kulit bawang. Mereka mengidentifikasi zat dari setiap bagian bawang.

Dari hasil penelitian tersebut ditemukan bahwa, kulit bawang yang kering mengandung serat diet tinggi dan juga mengandung senyawa fenolik, seperti quercetin dan flavonoid, serta metabolit lain, yang bersifat sebagai ubat. Dua lapisan bawang paling luar juga mengandung serat dan flavonoid yang juga baik buat tubuh.

"Makan banyak serat bisa memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular, keluhan gastrointestinal, kanser usus besar, diabetes tipe-2 dan obesitas, dibanding mereka yang sedikit makan makanan berserat" tambah para peneliti seperti dikutip dari Times of India.

Selain itu, senyawa fenolik pada bawang juga efektif membantu mencegah penyakit koroner dan bersifat anti-karsinogenik. Tingginya tingkat senyawa fenol pada lapisan kulit bawang menunjukkan bahan dapur satu ini memiliki kandungan antioksidan tinggi.

Ahad, 2 Oktober 2011

Lagi Khasiat Buah Betik/ pepaya



Buah matang untuk memacu enzim pencernaan, peluruh empedu, menguatkan lambung. Buah mengkal sebagai pencahar ringan, melancarkan ASI, dan daunnya bisa untuk menambah nafsu makan dan peluruh haid. Berikut ramuan pepaya untuk beberapa penyakit:

Malaria: Setengah gelas daun pepaya muda yang masih segar dicuci bersih lalu digiling halus, tambahkan 3/4 cangkir air masak dan garam secukupnya, diperas dan disaring. Minum sehari tiga kali.

Radang ginjal, batu ginjal, sakit kandung kemih: Tiga jari akar pepaya dicuci dan dipotong-potong seperlunya, kemudian digodog dengan 4,5 gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring dan diminum dengan madu secukupnya, tiga kali sehari 3/4 gelas.

Kanker: Setengah daun pepaya yang agak muda, 1/4 genggam daun ceremai yang masih muda, 1/3 genggam daun bayam merah, 2 jari wortel, 1/4 genggam daun belimbing, dicuci bersih lalu digiling halus, diremas dengan setengah gelas air masak dan 3 sendok makan madu murni. Diperas dan disaring, lalu diminum 3 kali sehari 1/2 gelas.

Sakit maag: Satu buah pepaya yang masak di pohon, dikupas dan dicuci dengan air masak yang diberi garam sedikit, dipotong-potong lalu dimakan, dua kali sehari sebanyak yang diperlukan, sehabis makan.

Jerawat: Getah pepaya muda diusapkan pada jerawat, tetapi tidak boleh kena mata. Bila kena mata cepat dicuci dengan air gula.

Demam: Biji pepaya ditumbuk halus lalu tambahkan cuka secukupnya. Dipakai untuk membalur badan yang panas.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1