Nuffnang Ads

Jumaat, 30 September 2011

Lancarkan Pencernaan, Hentikan Pendarahan, Atasi Lemah Syahwat

DELIMA berkhasiat untuk mengatasi gangguan pencernaan, menghentikan berbagai pendarahan, juga mengatasi lemah syahwat



DELIMA (Punicia granatum) adalah tumbuhan yang biasa ditanam di halaman rumah sebagai tanaman hias. Daunnya berbentuk taji, tangkainya bulat panjang seperti pipa, dan bunganya putih. Kulit delima mengandung zat samak dan zat lendir. Kulit akarnya mengandung berbagai macam alkaloida.

Delima kaya akan berbagai zat gizi. Delima yang sudah masak banyak mengandung gula. Kandungan asam malat dan vitamin C-nya lebih tinggi daripada apel, pear, plum, atau pisang. Dari pengujian farmakologis, diketahui bahwa delima mengandung punisin dan tanin yang berkhasat untuk membunuh cacing pita dan bakteri.

Delima mengandung zat kimiawi yang berguna untuk tubuh, di antaranya air, protein, lemak, karbohidrat, kalori, serat kasar, abu, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C. Delima juga mengandung asam malat dan asam sitrat. Delima muda mengandung banyak sukrosa, sedangkan yang tua mengandung banyak gula inversi.

Delima berkhasiat menghentikan pendarahan, mencegah dan mengatasi muntah darah, batuk darah, pendarahan rahim, pendarahan telinga, mimisan bau mulut, TBC paru-paru, bronchitis, radang telinga, radang tenggorokan, radang usus, radang amandel, radang paru-paru, suara serak, sakit gigi, luka atau terkena panas, lemah syahwat, kelebihan berat badan, gangguan pencernaan, wasir, diabetes, bisul sakit perut, dll.

Pengkonsumsian delima secara berlebihan dapat merugikan energi vital dalam paru-paru, merusak gigi, dan menyebabkan banyak dahak. Rasanya yang manis, asam, dan agak sepet menyebabkan delima tidak cocok bagi penderita panas dalam. Berikut beberapa ramuan untuk pengobatan dari delima.

Mengatasi kelebihan berat badan: 3 buah delima muda yang sudah dibuang kulitnya, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah ditambah sedikit garam, seduh tumbukan biji delima tadi dengan 200 cc air hangat, lalu diminum.

Mengatasi lemah syahwat: 2 buah delima yang asam, 15 gram irisan jahe, 15 biji kucai, 15 gram merica, 2 sendok the pulosari, garam dan gula secukupnya dimasak hingga mengental. Minum setelah dingin.

Mengatasi gangguan pencernaan: 5 tangkai daun delima atau 50 gram daun delima segar diiris halus, lalu rebus dengan air secukupnya. Minum selagi hangat.

Mengatasi penyakit kulit: Bubuk kulit delima dicampur dengan bubuk tawas masing-masing secukupnya, kemudian balurkan pada bagian yang sakit.

Mengatsi diare: 2 buah delima yang sudah dbuang kulitnya dipanggang sampai kering, lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk. Seduh sekitar 10 gram bubuk tadi dengan air panas secukupnya. Minum tiga kali sehari.

Mengatasi muntah darah dan batuk mengandung darah: 20 gram bunga delima direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum 2 kali sehari.

Isnin, 19 September 2011

10 Jus Terbaik Bagi Tubuh

Jus Delima.



Jus menjadi pilihan minuman menyegarkan untuk segala suasana. Selain membuat tubuh menjadi sihat, mengonsumsi jus juga bisa bikin tubuh segar. Namun tidak semua jenis jus bagus untuk tubuh kita.

Lantas, buah apakah yang paling bagus untuk dikonsumsi sebagai jus?

Ahli gizi klinis dari Amerika, Samantha Heller, membuat daftar 10 jus terbaik berdasarkan manfaatnya untuk Anda. Semuanya cocok dikonsumsi setiap hari, agar tubuh semakin segar, daya tahan dan berat badan tetap terjaga.

1. Delima:

Buah eksotis ini kaya akan antioksidan. Heller mengatakan, jus delima merupakan buah tersehat karena kandungan antioksidan paling lengkap dan beragam dibanding jenis buah lainnya. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah kanker dan penuaan dini.

2. Anggur:

Buah ini juga kaya antioksidan. Rasanya agak asam bercampur manis. Riset membuktikan bahwa anggur ampuh untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi tekanan darah tinggi.

3. Blueberry:

Buah-buahan kelompok berry juga kaya antioksidan dan vitamin C, plus serat. Antioksidan dan vitamin dalam blueberry ampuh untuk menyembuhkan peradangan sel tubuh dan otak yang disebabkan oleh proses penuaan dini.

4. Ceri hitam:

Ceri hitam termasuk keluarga berry yang terkenal dengan antioksidannya. Juga mengandung vitamin C dosis tinggi. Penelitian ilmiah membuktikan bahwa kandungan nutrisi ceri ampuh untuk mengurangi peradangan otot yang disebabkan olahraga terlalu keras.

5. Acai beri:

Di luar negeri, buah ini dinamakan The New Superfood. Ini karena khasiatnya yang ampuh untuk membantu mengurangi berbagai jenis kanker. Acai beri bisa dibeli di supermarket besar dan terkemuka.

6. Jeruk (limau):

Jus jeruk paling banyak penggemarnya di dunia. Selain karena rasanya, juga karena manfaatnya. Selain mengandung antioksidan, jeruk juga padat vitamin C. Nutrisi ini bagus untuk otot, kulit, peredaran darah, dan pertumbuhan tulang (jeruk mengandung kalsium).

7. Apel:

Segelas jus apel murni setiap hari sama artinya dengan jantung sehat. Apel mengandung banyak fitonutrien yang mampu memecah kolesterol jahat di dalam tubuh. Apel juga kaya serat dan vitamin C.

8. Tomat:

Tomat juga mengandung fitonutrien, yakni likopen dan betakaroten. Keduanya termasuk antioksidan yang kuat. Tomat juga mengandung vitamin E yang bagus untuk kulit. Kandungan nutrisi dalam tomat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan sebagai booster daya tahan tubuh.

9. Wortel:

Kandungan vitamin A pada wortel lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Selain itu buah ini juga merupakan sumber vitamin B, mineral, kalsium, klorina, zat besi, magnesium, sodium, sulfur alami. Semuanya baik untuk menjaga metabolisme tubuh agar bekerja dengan baik.

10. Stoberi:

Buah berwarna merah segar ini mengandung elagik yang dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker. Kandungan kalium dalam stroberi juga dapat mengendalikan tekanan darah tinggi. Stoberi juga mengandung zat besi yang berfungsi memproduksi sel darah merah.

Sabtu, 17 September 2011

Makan Apel Tiap Hari Ampuh Cegah Stroke




Jangan meremehkan sebutir apel. Selain rasanya yang manis, Apel juga banyak memiliki kandungan vitamin, mineral serta unsur lain seperti fitokimia, serat, tanin, baron, asam tartar, dan lainnya yang sangat diperlukan bagi tubuh untuk mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit.

Percaya atau tidak, memakan satu buah apel atau pir setiap harinya ternyata dapat memangkas risiko Anda terkena stroke sebesar 50 persen. Para ahli nutrisi meyakini, kandungan senyawa quercetin pada kedua contoh buah tersebut memainkan peran penting dalam melawan stroke.

Peneliti mengatakan, biokimia tersebut mampu untuk mengurangi peradangan, yang berhubungan dengan pengerasan pembuluh darah pada penyakit kardiovaskular.

Peneliti di Universitas Wageningen, Belanda, melibatkan sekitar 20.000 orang dewasa. Mereka menemukan, relawan yang makan lebih banyak buah berdaging putih dan sayuran mempunyai risiko lebih kecil menderita stroke lebih dari 10 tahun. Mereka memperhitungkan, risiko stroke menurun sembilan persen setiap mengonsumsi 25 gram apel atau pir setiap harinya.

Mengingat bahwa rata-rata ukuran apel atau pir mempunyai berat antara 100 gram dan 125 gram, itu berarti, dalam satu hari akan mengurangi risiko stroke antara 36-45 persen.

"Mengkonsumsi sejumlah besar buah dan sayuran berwarna putih mungkin berguna dalam mencegah stroke. Misalnya, makan satu buah apel sehari merupakan cara mudah untuk meningkatkan asupan buah putih dan sayuran," kata Linda Oude Griep, penulis utama studi tersebut, yang mempublikasikan penelitiannya dalam Stroke: Journal of American Heart Association.

"Namun, pada buah-buahan dan kelompok sayur-sayuran berwarna lain mungkin akan melindungi Anda terhadap penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu, tetap penting untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayuran," tambahnya

Peneliti mengungkapkan, keberadaan senyawa quercetin (pelawan stroke) tidak hanya terdapat pada apel dan pir saja, melainkan juga pada raspberry, tomat, anggur merah, brokoli, dan bawang.

Ahad, 11 September 2011

Lima Makanan Peningkat Gairah Seks Lelaki

Buah Alpukat




Ingin menjadi laki-laki dengan julukan perkasa? tentu ini idaman setiap pria, karena itu faktor gairah seks salah-satu terpenting.

Jika Gairah seks Anda lembam, jangan khawatir, gairah seks Anda boleh kembali bangkit dengan mengonsumsi lima makanan di bawah ini.


1. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai afrodisiak yang baik untuk jantung karena kaya lemak tak jenuh. Makanan apa pun yang dapat menjaga jantung berdetak dengan baik membantu darah mengalir ke tempat yang tepat. Riset memperlihatkan bahwa pria yang menderita kelainan jantung memiliki risiko disfungsi ereksi dibanding dengan pria dengan jantung sehat.

2. Kacang almond

Almond telah lama dikenal dapat meningkatkan gairah, stimulasi seksual, dan juga kerap dikaitkan dengan kesuburan. Almond sangat kaya nutrisi dan mengandung mineral yang penting bagi kesehatan seksual dan reproduksi seperti zinc, selenium, dan vitamin E. “Zinc menambah libido dan hasrat seksual,” kata Berman.

3. Strowberi

Warnanya yang merah membantu membakar gairah. Selain itu, strowberi juga merupakan sumber asam folat, salah satu jenis vitamin B yang membantu mengurangi risiko saat melahirkan pada perempuan. Sementara bagi pria, asam folat meningkatkan jumlah sperma.

4. Makanan laut

Selain kerang yang sudah terkenal sebagai afrodisiak, makanan dari laut lainnya juga banyak mengandung zinc. Selain itu, ikan kaya akan omega-3 yang baik untuk jantung.

5. Sitrus/jeruk

Jeruk jenis apa pun memiliki asam folat, vitamin C, dan aktioksidan yang penting bagi kesehatan reproduksi pria. Anda dapat mendapat manfaatnya dengan mengonsumsi jeruk mandarin, atau mencampurkan jeruk nipis atau lemon ke masakan Anda.

Rabu, 7 September 2011

KHASIAT DIET NABI



Nabi Muhammad saw mementingkan khasiat dan kualiti dalam aspek pemakanan. Sebagai contoh roti paling kerap dimakan oleh Rasulullah saw adalah roti yang diperbuat dari tepung barli yang tidak diayak.

Mengikut Sahl bin Saad "Aku tidak pernah melihat nabi memakan roti yang diperbuat daripada tepung putih yang diayak sehingga baginda wafat.." beliau ditanya oleh seorang sahabatnya
"Bagaimana kamu membuat tepung tanpa diayak??"

maka Sahl bin Saad berkata "Kami menumbuk barli(sya'ir) kemudian menghembus untuk membuang kulitnya, kemudian kami menggunakan yang baki untuk memasak dan makan..." hadis riwayat Bukhari.

Khasiat Barli:

Barli merupakan bijirin yang banyak khasiatnya yang sentiasa dimakan oleh Rasulullah saw.. Berdasrkan kajian antara khasiat barli adalah membantu mencegah daripada sakit jantung, dapat mengawal paras gula dalam badan, mengelak dari penyakit asma dan mengelak daripada kanser.

Khasiat Gandum:

Disamping roti yang diperbuat daripada barli kasar Rasulullah saw juga memakan roti yang diperbuat daripada gandum asli. Mengikut dari Riwayat Bukhari dan Muslim "Aisyah berkata, "Keluarga nabi tidak pernah kenyang dengan memakan roti gandum dua hari berturut-turut dan pada hari mereka tidak memakan roti maka mereka memakan tamar...".

Antara khasiat gandum adalah mengelak daripada menghidapi penyakit jantung dan mengurangkan kadar kolestrol dalam darah dimana gandum yang mengandungi vitamin E yang membantu hati mengeluarkan kadar kolesterol yang rendah..."

Antara makanan yang dimakan oleh Rasulullah saw ialah :

Buah Tamar:

Menurut riwayat Bukhari dan Muslim "Aisyah berkata, "Ada ketikanya dapur kami tidak berasap selama sebulan, yang ada untuk dijadikan makanan hanyalah buah tamar dan air, melainkan kadangkala diberikan kepada kami sedikit daging.."

Buah Tembikai:

Riwayat dari Abu Daud dan Tirmizi merekodkan bahawa Aisyah berkata "Rasulullah pernah memakan tembikai bersama-sama dengan buah tamar ..."

Buah Timun:

Dari riwayat Bukhari dan Muslim melaporkan Abdullah bin Jaafar berkata "Saya melihat Raslullah memakan tamar basah dengan sayur daripada mentimun..."

Khamis, 1 September 2011

Kentang Ungu Turunkan Tekanan Darah



Kentang selama ini selalu mendapat reputasi buruk, terutama karena makanan berbahan kentang yang terkenal adalah kentang goreng atau keripik kentang yang tinggi kalori. Padahal, jika diolah dengan benar kentang bisa menyehatkan jantung.

Dalam sebuah penelitian berskala kecil terbukti, kentang (Solanum tuberosum L) bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menjaga berat badan.

Efek kentang tersebut diklaim hampir sama seperti jika kita mengonsumsi oatmeal.Joe Vinson, seorang profesor kimia di University of Scranton, Pennsylvania, menganalisa18 pasien yang mengonsumsi enam hingga delapan kentang ungu kecil sebanyak dua kali sehari selama satu bulan.

Hasil analisa menunjukkan, tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing turun sebesar 3,5 dan 4,3 persen.

Kentang ungu yang dimakan para partisipan studi itu dimasak dengan microwave agar nutrisi penting dalam kentang tidak rusak.

Kentang seukuran bola golf itu juga dan tidak diberi topping seperti keju atau krim agar tidak ada tambahan kalori.Vinson menyebutkan kentang ungu merupakan salah satu jenis kentang yang memiliki antioksdan paling tinggi. Meski begitu pada dasarnya kentang yang berkulit merah dan putih juga memiliki antioksidan.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1