Nuffnang Ads

Rabu, 25 Mei 2011

Punca Mata Berair Hadapan Komputer


Mata berair kerana bertugas depan kompter berjam-jam lamanya.


Berdasarkan pada riwayat pekerjaan, kemungkinan disebabkan menderita Computer Vision Syndrome (CVS). CVS adalah salah satu bentuk dampak negatif akibat pemakaian komputer atau video display terminal (VDT). Menurut The American Optometric Association adalah CVS adalah suatu kumpulan gejala yang bermanifestasi pada gejala okular dan non-okular.

Gejala CVS terjadi pada kurang lebih 75% pekerja yang menggunakan komputer selama 6-9 jam setiap hari. Patogenesis terjadinya CVS belum sepenuhnya diketahui, tetapi secara garis besar hal disebabkan oleh: mekanisme yang berkaitan dengan perubahan permukaan okular, mekanisme akomodatif, dan mekanisme yang berkaitan dengan ekstraokular.

Gejala CVS yang melibatkan okular adalah asthenopia (mata lelah), eyestrain, dry eye (mata kering), iritasi mata (mata merah, rasa terbakar), serta penglihatan buram. Sedangkan gejala non-okular berupa sakit kepala (daerah frontal dan oksipital), nyeri otot leher, dan punggung. Dari berbagai gejala tersebut eyestrain dan mata kering merupakan keluhan terbanyak.

Pengguna komputer sering mengeluhkan gejala mata kering (dry eye), mata seperti berpasir dan mata terasa berat setelah bekerja beberapa waktu di depan komputer. Pada CVS, mata kering adalah penyebab utama kelelahan pada mata. Beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya mata kering diantaranya adalah: faktor lingkungan, seperti penggunaan air conditioner, kipas angin, debu, dll,serta penurunan refleks kedip, dan juga peningkatan paparan permukaan okular. Keadaan ini biasanya lebih banyak terjadi pada wanita.

Produksi air mata akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Keadaan ini dapat diperberat oleh beberapa penyakit sistematik atau lokal yang juga dapat berkaitan dengan dry eye antara lain riwayat penyakit sindrom Sjogren, arthritis rematoid,serta penyakit autoimun lainnya. Beberapa pengobatan sistematik (diuretic, anti-histamin, psikotropik dan anti-hipertensif) serta penggunaan lensa kontak dapat menyebabkan timbulnya dry eye.

Huruf pada layar komputer sangat berbeda dengan teks pada kertas karena terbentuk dari titik-titik kecil yang tersusun membentuk huruf atau angka. Telah dibuktikan bahwa mata lebih sulit untuk fokus pada tulisan ini sehingga mata akan terus berakomodasi secara berulang-ulang agar tulisan menjadi jelas yang akan menyebabkan eyestrain.

Posisi Sehat Di Depan Komputer:

Ketika kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, Hal tersebut bisa disebaban karena kita salah didalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Kita harus mengatur posisi sehat di depan komputer, seperti pada tulisan sebelumnya mengenai lelah ketika mengetik di depan komputer yang ‘diadopsi’ dari posisi ketika bermain piano.

Mungkin ada baiknya kita mulai sekarang mengatur letak komputer atau posisi tubuh kita ketika menggunakan komputer, apalagi jika kita rutin menggunakannya dan cukup lama penggunaannya. Bagaimana sich posisi sehat tersebut? Berikut ini beberapa kiat yang bisa kita terapkan.

Posisi tubuh: Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.


Letak posisi komputer: Bagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar kita bisa mendapatkan posisi yang cocok untuk tubuh kita:

Mengatasi Mata Berair:

Mata kita bisa menjadi berwarna kemerahan, mengeluarkan air mata dan terasa gatal yang disebabkan oleh banyak faktor allergen seperti terkena polusi, debu, serbuk sari tanaman, kotoran binatang, dan lain sebagainya. Walaupun tidak menular ke orang lain, gangguan mata tersebut cukup mengganggu aktivitas kita sehari-hari.
Untuk menyembuhkan gejala alergi pada mata tersebut ada beberapa cara yang disarankan, yaitu :

1. Gunakan obat tetes mata yang dijual bebas sebagai air mata buatan yang mampu melembabkan serta menenangkan mata kita.

2. Memberi kompres waslap dingin ke mata yang mengalami alergi mata / allergic conjunctivitis.

3. Minum antihistamine atau obat tetes mata khusus yang diberikan oleh dokter.
Selama gangguan terjadi jangan gunakan contact lense / lensa kontak dan gunakan kacamata sebagai penggantinya. Jika gejala alergi mata.

Isnin, 16 Mei 2011

Srikaya Hilangkan Kutu Rambut



Srikaya merupakan tanaman yang tergolong genus Annona dan berasal dari daerah tropis. Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih.

Srikaya menyimpan sejuta khasiat kesehatan. Buah yang juga disebut sebagai custard apel atau sugar apple oleh pelaut Inggris ini, juga bermanfaat untuk kecantikan. Srikaya mengandung antioksidan, seperti vitamin C yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kalium tinggi dan magnesium yang terkandung dalam buah ini juga bisa melindungi Anda dari serangan penyakit jantung.

Jika ingin mempercantik kulit secara alami, konsumsilah srikaya secara rutin. Buah ini mengandung vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kulit, kesehatan rambut, serta meningkatkan fungsi mata. Srikaya juga berkhasiat untuk mengontrol tekanan darah dan membantu menormalkan fungsi pencernaan, menyembuhkan sembelit, dan mengobati diare serta disentri.

Buah ini juga bermanfaat untuk orang yang menderita anemia karena buah ini tinggi kalori. Dan jika Anda ingin menambah berat badan, tak ada salahnya mengonsumsi srikaya secara rutin. Srikaya terkenal dengan kandungan gula alami.

Contoh Pemakaian:

1. Mematikan kutu kepala:

Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala dan bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.

2. Borok, bisul keras:

Cuci daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau bisul dan balut. Dalam sehari, ganti 2-3 kali.

3. Mematangkan bisul:

Ambil isi buah yang sudah masak, lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.

4. Cacingan pada anak:

Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

5. Gangguan pencernaan:

Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.

6. Diare:(ciret biret)

Cuci kulit batang srikaya (6-10 g), potong kecil-kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masingmasing satu gelas.
7. Kudis:

Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

Jumaat, 13 Mei 2011

Khasiat Telur Puyuh



Puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang tinggi, ukuran tubuhnya relatif kecil, berkaki pendek, dan dapat diadu. Burung puyuh terkenal dengan telurnya yang berukuran kecil. Telur ini umumnya digemari anak-anak karena bentuknya unik dan menggemaskan.

Biasanya telur ini disajikan dengan cara direbus atau sebagai bahan campuran sayuran (hotplate kangkung, kimlo, dan sup), sambal kentang, atau sebagai isi bakso, tahu, dan siomay.

Kandungan Telur Puyuh

Dilihat dari nilai gizinya, Telur Puyuh tidak kalah dari telur ayam atau telur bebek (itek).
Telur puyuh merupakan sumber protein terbaik.100 gram Telur Puyuh mengandung 13,05 gram protein, sedikit lebih tinggi dari telur ayam maupun telur bebek. Di bawah ini berturut-turut perbedaan susunan protein, lemak, karbohidrat, dan abu (dalam %) telur puyuh dibandingkan dengan telur ternak unggas lainnya:

Ayam ras : 12,7; 11,3; 0,9; 1,0
Ayam buras: 13,4; 10,3; 0,9; 1,0
Itik: 13,3; 14,5; 0,7; 1,1
Angsa: 13,9; 13,3; 1,5; 1,1
Merpati: 13,8; 12,0; 0,8; 0,9
Kalkun: 13,1; 11,8; 1,7; 0,8
Puyuh: 13,1; 11,1; 1,0; 1,1

Salah satu keunggulan protein telur dibandingkan dengan protein hewani lainnya adalah daya cernanya yang sangat tinggi. Artinya setiap gram protein yang masuk akan dicerna didalam tubuh secara sempurna.

Selain protein, lemak, vitamin, dan mineral, telur puyuh juga kaya akan kolin. Kolin berperan penting didalam tubuh, terutama bagi perkembangan fungsi otak. Hal tersebut berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetikolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf.

Asupan kolin yang cukup akan membantu kerja sinyal saraf pada otak, sehingga dapat memperkuat daya ingat anak-anak dan menghindari kepikunan pada orang lanjut usia.
Ibu-ibu yang sedang dalam taraf pra kehamilan hingga menyusui, sebaiknya mulai mengonsumsi makanan sumber kolin, seperti telur puyuh, dalam jumlah cukup banyak. Hal tersebut penting untuk mendukung perkembangan otak janin.

Selain itu asupan kolin yang cukup pada saat kehamilan juga dapat mengurangi resiko kematian sel pada janin, yang berarti mengurangi kemungkinan bayi cacat dan keguguran.


Manfaat lain telur puyuh
- Mengandung zat anti kanker
- Memperlambat proses penuaan terutama yang berhubungan dengan kesehatan mata
- Mereduksi risikopenyakit tumor

Sabtu, 7 Mei 2011

Sirup Buah Kersen, Penyembuh Asam Urat




SIAPA tidak kenal kersen (muntingia calabura L) atau talok yang buahnya kecil dan manis. Di beberapa daerah seperti di Jakarta, buah itu juga dinamai ceri. Nama-nama lainnya di beberapa negara adalah datiles (Philipina) dan kerukup siam (Malaysia). Juga dikenal sebagai Singapore cherry (Inggris) dan Japanse kers (Belanda) di mana dari sinilah istilah kersen berasal.

Buah kersen di daerah Srilangka sering diawetkan dan dibuat selai jam fruit. Buah itu sangat digemari di Mexico dan umumnya dijual pada pasar-pasar tradisional dalam jumlah yang banyak. Di Asia Tenggara, kersen merupakan salah satu jenis pohon pinggir jalan yang umum sekali dijumpai, terutama di wilayah-wilayah yang kering. Kersen tumbuh sendiri di pekarangan dan sepanjang halaman muka rumah, di tempat yang tak ada pohon lain dapat tumbuh.

Karena masih kurangnya pemanfaatan buah kersen, mahasiswa Jurusan Pendidikan IPA Fakultas MIPA UNY yaitu Nugrahini Dwi dan Maya Istikhomah, meneliti buah kersen untuk mengetahui kandungan gizinya dan berhasil membuat produk olahan kersen berupa sirup sebagai salah satu upaya meningkatkan nilai guna dari buah kersen.

Menurut Nugrahini, ditinjau dari segi kandungan gizinya buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg.

"Di Indonesia secara tradisional buah kersen digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah kersen sebayak 9 butir 3 kali sehari dan terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat," ungkapnya seraya menambahkan, rebusan daun kersen juga memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas bahkan kandungan dan rebusan daun kersen ternyata dapat berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.

Cara Membuat

Maya, menerangkan cara membuat sirup kersen. Bahan-bahannya meliputi buah kersen masak, air, gula putih, kayu manis, garam, vanilla, pewarna makanan dan alat yang digunakan adalah ember, panci, penumbuk (cobek), saringan dan botol untuk mengemas.

Buah Kersen dipilih yang sudah matang (berwarna merah) lalu dicuci hingga bersih. Daging buah kersen dipisahkan dari kulitnya dengan cara di tumbuk lalu direbus dengan perbandingan 1 bagian air dengan 3 bagian kersen. (1:3).

Kersen lalu dicampur dengan gula dengan perbandingan 1:2 beserta vanilla, garam, dan kayu manis secukupnya sampai mendidih dan harus terus diaduk. Setelah mendidih sirup kersen disaring untuk menghilangkan ampas dan diberi pewarna agar lebih menarik dan dikemas dalam botol.

"Produk olahan dari kersen ini tidak menggunakan bahan kimia apapun semuanya alami. Oleh karena itu, produk olahan ini lebih sehat daripada produk yang ada di pasaran pada umumnya,'' katanya.

Dikemukakan, kebanyakan produk di masyarakat seperti halnya sirup yang telah ada, pada umumnya hanya memberikan rasa dan kesegaran saja saat meminumnya, dan tidak mempunyai kelebihan atau manfaat bagi kesehatan khususnya.

Oleh karena itu produk olahan kersen itu nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya untuk kesehatan tubuh karena terkait dengan khasiat yang dimiliki oleh kersen yaitu dapat mengobati asam urat.

Ahad, 1 Mei 2011

4 Pemakanan Penghilang Bau Badan

teh hijau.



Bau badan adalah masalah yang dapat menurunkan keterampilan diri seseorang. Bau tidak sedap yang dikeluarkan dari tubuh bisa disebabkan karena banyak hal.

Diantara faktor yang menyebabkan bau badan adalah makanan yang diambil dari hoswtuffworks, jenis bawang-bawangan, kunyit, daging merah dan makanan pedas, makanan ini pemicu aroma yang tidak sedap.

Untuk mengatasi permasalahan itu, Anda perlu mencegah makanan yang disebutkan tadi, setidaknya mengurangi makanan-makanan tersebut.

Walaupun begitu ada juga makanan yang dapat mencegah bau badan. Berikut adalah empat makanan yang dapat meminimalisir aroma tubuh yang kurang sedap.

1. Tomat

Tomat merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh berbagai macam bakteri, termasuk bakteri yang membuat tubuh beraroma kurang sedap. Seperti dikutip Curebum, bau badan bisa hilang dengan sering minum jus tomat. Disarankan minum jus tomat sebanyak tiga kali sehari. Jus tomat tidak hanya diminum, tapi bisa juga dicampurkan dalam bathtub, sebagai penambah ritual mandi Anda.

2. Teh hijau

Bau badan bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti polusi, matahari dan debu. Bau badan karena faktor lingkungan dapat diatasi dengan bahan yang mengandung antioksidan. Antioksidan yang baik untuk mengalahkan aroma tidak sedap pada tubuh adalah teh hijau. Teh hijau juga memiliki aroma khas. Bila rajin meminumnya, maka bau segar dari teh hijau dapat keluar dari dalam tubuh.

3. Seledri

Seperti dikutip Foodscout, daun seledri dapat melawan bau badan. Kandungan seledri dapat melawan racun yang ada di dalam tubuh penyebab bau badan. Jadi, jangan lupa memasukkan seledri dalam makanan sehat Anda.

4. Jus rumput

Jenis rumput tertentu dapat dijadikan sebagai minuman. Mungkin kedengarannya aneh, tapi jus rumput sudah banyak dijual di gerai minuman yang ada di mall-mall. Dilansir dari Foodscout, khasiat jus rumput dipercaya dapat mengatasi aroma tidak sedap pada tubuh.

Tajaan

Terdapat ralat dalam alat ini
Related Posts with Thumbnails

RADIOKITA STESEN 1